30 Dusun di Sinjai Tanpa Listrik- Cerita Warga yang Harus Tempuh 14 Km Untuk Beli Minyak Tanah

30 Dusun di Sinjai Tanpa Listrik- Cerita Warga yang Harus Tempuh 14 Km Untuk Beli Minyak Tanah

30 Dusun di Sinjai Tanpa Listrik- Cerita Warga yang Harus Tempuh 14 Km Untuk Beli Minyak Tanah
Samba Tribun
Warga kampung Boja, Sinjai Selatan melintasi sungai dengan jalan kaki untuk ke pasar membeli kebutuhan termasuk beli minyak tanah untuk pelita dan bensin untuk mesin genset. 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA- Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mengungkap bahwa ada 30 dusun di Kabupaten Sinjai yang belum teraliri listrik hingga Maret tahun 2019 ini.

Ke 30 dusun itu tersebar di Kecamatan Sinjai Borong, Kecamatan Sinjai Selatan dan Kecamatan Sinjai Barat.

Beberapa diantara 30 dusun itu diungkap oleh Kepala Ranting PLN Sinkao Andika Prananda saat berada di Desa Bontokatute, Kecamatan Sinjai Borong Boja, Desa Puncak, Kecamatan Sinjai Selatan.

" Ada 30 dusun yang kami telah data belum teraliri listrik milik PLN sampai saat ini," kata Andika Prananda, Rabu (13/3/2019).

Di tempat terpisah warga kampung Boja bernama Tima (40) merupakan satu diantara mereka yang harus menempuh perjalanan 14 kilometer dari kampungnya ke Pasar Bikeru Kecamatan Sinjai Selatan.

Ia menempuh perjalanan itu untuk membeli minyak tanah di pasar tersebut. Jika cuaca cerah maka Tima dibonceng oleh anaknya dengan sepeda motor hingga sampai di Pasar Bikeru.

Namun jika hujan turun maka sepeda motornya dan sekitar 200 jiwa warga di kampung itu hanya sampai Jl Poros Desa Puncak karena akses jalan belum memadai.

Sehingga Tima bersama masyarakat di kampung mereka harus berjalan kaki sekitar lima kilometer ke jalan poros Desa Puncak.

" Kami harus beli minyak tanah atau bensin untuk gunakan pelita dan mesin genset di Pasar Bikeru karena disini belum ada listrik PLN," kata Tima.

Menurutnya sejak kampung itu dihuni manusia dan sejak pesta demokrasi ada, sejak itu pula silih berganti tim sukses politisi menjanji warga akan memperjuangkan jaringan listrik.

Hanya saja setiap waktu pemilu usai, janji tidak kunjung tiba. Tima berharap agar di pemerintahan Bupati Sinjai Seto Gadhista Asapa dan A Kartini Ottong dapat memperjuangkan listrik di kampung tersubur di Sinjai itu.

Kemarin Wakil Bupati Sinjai, Sulawesi Selatan, A Kartini Ottong berkunjung ke kantor PLN Cabang Bulukumba.
Ia diterima oleh Manajer PLN Area Bulukukmba, Yuswastuty Yahtaya dan Manajer PLN Ranting Sinjai, Andhika Prananda. Dalam pertemuan itu, Kartini berharap ke PLN agar dapat membantu warganya yang belum nikmati aliran listrik PLN di pelosok Sinjai. (*)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved