Sistim Device Scanner Diterapkan di Pasar Maros, Segini Biaya Tarif Parkir

Sistem pembayaran tersebut diterapkan, berdasarkan adanya Peraturan Daerah (Perda) Maros. Biaya parkir juga sudah diatur pada Perda tersebut.

Sistim Device Scanner Diterapkan di Pasar Maros, Segini Biaya Tarif Parkir
ANSAR/TRIBUNMAROS.COM
Alat device scanner mengeluarkan karcis setelah petugas parkir merekam plat kendaraan warfa yang berada di pasar Batangase, Kecamatan Mandai. 

TRIBUN-MAROS.COM, MANDAI - Pengelolaan parkiran pasar rakyat Batangase, Kecamatan Mandai dan Bulu-bulu, Desa Marrumpa, Marusu, menggunakan sistim device scanner.

Penerapan sistim baru tersebut dilakukan Pemkab Maros, untuk meningkatkan pendapatan pada bidang parkir.

Pengelola parkir pasar Batangase, Rizal mengatakan, Jumat (8/3/2019) meski device scanner diterapkan, namun tarif parkir yang diberlakukan masih harga normal.

Baca: Menara Masjid Al Markaz Maros Terbengkalai, Jemaah Prihatin

Baca: Kodim 1426 Takalar Tingkatkan Komunikasi Sosial Aparat Teritorial

"Retribusi parkiran pasar, lebih murah dibanding mal atau tempat perbelajaan lainnya," kata Rizal.

Untuk motor, biaya parkirnya hanya Rp 1.000. Sementara mobil Rp 2.000. Biaya tersebut terhitung sekali parkir. Biaya itu juga hitungan per jam.

"Biaya parkir di pasar, masih normal. Motor hanya seribu dan mobil dua ribu rupiah. Itu bukan hitungan per jam seperti tempat perbelajaan lainnya," kata Rizal.

Baca: Longsor Tutup Akses Jalan Kecamatan Sumarorong-Nosu, Belum Ada Alat Berat, Warga Gotong Motor

Sistem pembayaran tersebut diterapkan, berdasarkan adanya Peraturan Daerah (Perda) Maros. Biaya parkir juga sudah diatur pada Perda tersebut.

Device scanner lebih efektif dibanding cara sebelumnya. Sebelumnya, warga yang parkir hanya dimintai uang tanpa ada karcis atau bukti parkir.

"Dengan cara ini, pendapatan parkir akan maksimal. Tidak bisa ada rekayasa atau kebocoran parkir. Sebab, semua kendaraan yang parkir akan diketahui oleh pimpinan," katanya.

Baca: 4 Link Download Contoh Soal SBMPTN 2019: Login UTBK di Link https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id/

Dia menyampaikan, setiap bulan pengelola parkir akan menyetor sejumlah uang ke pihak ketiga. Nantinya, uang tersebut diserahkan ke Dishub.

Halaman
12
Penulis: Ansar
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved