Kejati Sulselbar Siapkan Jaksa Khusus Hadapi Proses Pemilu 2019, Gunanya untuk Tangani Ini?

Selain menyiapkan dalam tim Gakumdu, Kejati Sulselbar telah membentuk tim TP4D untuk pengawalan logistik di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulse

Kejati Sulselbar Siapkan Jaksa Khusus Hadapi Proses Pemilu 2019, Gunanya untuk Tangani Ini?
tribun timur/hasan basri
Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin. 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kejaksaan Tinggi Sulselbar jmenyiapkan berapa Jaksa untuk menghadapi proses Pemilihan Presiden dan Calon Legislatif 2019.

Jaksa yang dipilih ini akan ditempatkan di dalam tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu untuk menangani pelanggaran pidana Pemilu tersebut.

"Jauh jauh hari sudah dipersiapkan untuk masuk dalam tim Gakumdu. Jumlahnya lebih dari satu orang," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin.

Baca: Penyidik Kejati Masih Lengkapi Berkas Perkara Dua Tersangka Korupsi Lampu Jalan Polman

Baca: Penyelidikan Kasus APBD Sulbar Kembali Dibuka? Ini Penjelasan Kejati Sulselbar

Menurut Salahuddin peran kejaksaan dalam tim Gakkumdu adalah membantu Pengawas Pemilu dalam mengawasi dan menangani perkara tindak pidana Pemilu yang bakal berlangsung sesuai dengan tupoksinya.

Dalam penegak hukum, khususnya jaksa, hadir dalam setiap tahapan, mulai dari pendaftaran, kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, hingga pengesehan.

Salahuddin berhara pada pemilihan ini 2019 berlangsung dengan aman dan tidak ada gangguan berarti. Disebutkan beberapa hari sebelumnya, Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung Jan S Maringka telah menggelar Video Conference dengan seluruh jajarannya.

Jan dalam imbauanya meminta seluruh Kasi Intelijen Kejasaan seluruh Indonesia untuk ikut berperan aktif dalam program pemerintah mewujudkan pemilu aman.

Baca: Sempat Ngadat, Penyaluran Air Bersih di Matakali Polman Kembali Normal

Baca: Amankan 4 Kg Sabu di Maros, Kepala BNN Sulsel: Mungkin Warisan Malam Tahun Baru

Selain menyiapkan dalam tim Gakumdu, Kejati Sulselbar telah membentuk tim TP4D untuk pengawalan logistik di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel.

Sehingga proses pengadaan barang dan jasa untuk keperluan logistik Pemilj di Sulsel dilakukan sesuai mekanisme dan aturan berlaku. (*)

Subscribe untuk Lebih dekat dengan tribun-timur.com di Youtube:

Jangan lupa follow akun instagram tribun-timur.com

Penulis: Hasan Basri
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved