Cari Tahu Melempemnya Industri Maritim Sulsel, Ikatan Alumni Teknik Unhas Adakan Tudang Sipulung

“Yang lebih konkret lagi, ada usulan materi untuk Konferensi pada Pertemuan Masyarakat Maritim Indonesia. Event ini akan digelar setelah acara ini,”

Cari Tahu Melempemnya Industri Maritim Sulsel, Ikatan Alumni Teknik Unhas Adakan Tudang Sipulung - 10012019_hbh_ikatek_02.jpg
dok hbh ikatek unhas 2019
Panitia HBH Ikatek Unhas 2019 menggelar Focus Group Discussion (FGD) atau Tudang Sipulung dengan tema Mempercepat Pengembangan Industri Maritim di Sulawesi Selatan.
Cari Tahu Melempemnya Industri Maritim Sulsel, Ikatan Alumni Teknik Unhas Adakan Tudang Sipulung - 10012019_hbh_ikatek_03.jpg
dok hbh ikatek unhas 2019
Panitia HBH Ikatek Unhas 2019 menggelar Focus Group Discussion (FGD) atau Tudang Sipulung dengan tema Mempercepat Pengembangan Industri Maritim di Sulawesi Selatan.
Cari Tahu Melempemnya Industri Maritim Sulsel, Ikatan Alumni Teknik Unhas Adakan Tudang Sipulung - 10012019_ikatek.jpg
dok panitia HBH Ikatek Unhas 2019
Rangkaian Kegiatan HBH 2019 Ikatek Unhas

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Panitia Halalbihalal (HBH) Ikatan Alumni Teknik (Ikatek) Universitas Hasanuddin (Unhas) 2019 akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) atau Tudang Sipulung dengan tema Mempercepat Pengembangan Industri Maritim di Sulawesi Selatan.

Tudang Sipulung yang merupakan rangkaian kegiatan HBH Ikatek Unhas 2019 ini rencananya akan digelar di MaxOne Hotel Makassar, Jl Taman Makam Pahlawan, Makassar, Senin (14/1/2019) mendatang.

Ketua Panitia HBH Ikatek Unhas 2019 Anwar Mattawappe menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut untuk mengidentifikasi hambatan pengembangan industri maritim di Sulawesi Selatan.

Baca: Hadir di Acara Reuni dan HBH Ikatek Unhas 2018, Prof Dwia: Saya Cinta Fakultas Teknik

Baca: Insinyur Nurhasan Raih Ikatek Award di Acara Reuni Nasional dan HBH Ikatek Unhas 2018

“Dan yang tidak kalah penting adalah merumuskan rencana aksi untuk mempercepat pengembangan industri maritim di Sulawesi Selatan,” kata Anwar.

Selama ini, jelas Anwar, Propinsi Sulawesi Selatan dengan latar belakangnya, dikenal punya sejarah panjang sebagai daerah dengan industri rakyat dalam pembuatan perahu dan kapal kayu.

Industri perahu dan kapal kayu di Propinsi Sulsel tersebut sangat diandalkan dan terbukti dalam sejarah Indonesia dengan keberadaan kapal Pinisi.

Fakta lainnya pada ekspedisi pelayaran global, kapal-kapal dari Sulsel mampu melakukan pelayaran hingga kerajaan Eropa pada abad ke-13 hingga 16.

Jurusan Perkapalan

Untuk mempertahankan tradisi industri kapal tersebut, kampus Unhas sejak awal berdirinya pada tahun 1960 juga mendirikan jurusan teknik perkapalan, selain jurusan teknik mesin dan teknik sipil.

Jurusan itu, kini berkembang menjadi departemen teknik perkapalan, departemen teknik sistem perkapalan, dan department teknik kelautan.

Baca: Giliran Alumni Teknik Perkapalan Jadi Tuan Rumah Reuni Ikatek Unhas 2019

Baca: Ikatek Unhas Serahkan Beasiswa ke Aktifis Himpunan

Halaman
123
Penulis: Alfian
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved