Sudah Salurkan Rp 11,7 M Buat UMKM, Begini Cara Daftar Program Kemitraan Pertamina

Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri.

Sudah Salurkan Rp 11,7 M Buat UMKM, Begini Cara Daftar Program Kemitraan Pertamina
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Pertamina menyalurkan dana modal bergulir 6,9 miliar rupiah kepada 109 calon mitra binaan. Terdiri dari 79 pelaku UMKM dari Sulsel dan 30 dari Sulut. Penyaluran dilaksanakan pada Rabu (21/11/2018) di kantor Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Aly

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pertamina massif menyalurkan kredit kepada pelakuUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Melalui Program Kemitraan, Pertamina memberikan pinjaman lunak ke berbagai sektor usaha, antara lain peternakan, perikanan, pertanian, perdagangan, perkebunan, jasa, dan sektor industri.

Terbaru, Pertamina Marketing Operation Manager (MOR) VII Sulawesi menyalurkan dana modal bergulir Rp 6,9 miliar kepada 109 mitra binaan di kantornya Jl Garuda Makassar, Rabu (21/11/2018).
Mitra binaan itu terdiri dari 79 pelaku UMKM dari Sulawesi Selatan (Sulsel) dan 30 dari Sulawesi Utara (Sulut).

General Manager Pertamina MOR VII, Werry Prayogi menuturkan akses modal bagi UMKM merupakan salah satu bentuk dukungan Pertamina pada perekonomian nasional. "UMKM berkontribusi 60,6 persen terhadap PDB Indonesia. Oleh karenanya kami terus mendukung perkembangan UMKM melalui akses permodalan dan pengembangan bisnis UMKM," tuturnya.

Baca: Modal Bergulir Kemitraan Pertamina Lewati Target, Rp 11,7 M Tersalurkan

Baca: Pelindo IV Salurkan Program Kemitraan untuk Petani Luwu Utara Rp 2 Miliar

Hingga kuartal tiga 2018 Pertamina MOR VII telah menyalurkan dana program kemitraan sebesar Rp 4,8 miliar. Sehingga dengan penyaluran ini, total Rp 11,7 miliar dikucurkan bagi pelaku UMKM di seluruh Sulawesi.

"Ini melampaui target 2018 yakni sebesar Rp 10 miliar," ujarnya. Adapun tahun lalu, Pertamina MOR VII merealisasikan dana Program Kemitraan sebesar Rp 8 miliar.

Rp 300 Juta per UKM

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, M Roby Hervindo menjelaskan Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri. Sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina.

Tiap UKM maksimal mendapatkan dana kemitraan Rp 300 juta. “Behubung dana ini bukan hibah, melainkan dana bergulir, penerima dana bisa mengangsur hingga 36 bulan, dengan biaya adminsitrasi per tahun tiga persen," katanya.

Baca: Kementerian ESDM Gandeng Pertamina Serahkan Konverter Kit ke 144 Nelayan Manado

Baca: Pertamina Bantu Nuraeni Kelola Sekolah Anak Percaya Diri untuk Korban Kekerasan

Biaya yang dibebankan kepada UKM bukanlah bunga melainkan biaya administrasi, pelatihan, dan keikutsertaan dalam pameran. Makanya selain permodalan, Program Kemitraan Pertamina juga mendukung pelaku UMKM dalam pengembangan usahanya.

Pengembangan dilakukan melalui dukungan promosi penjualan dan peningkatan kapasitas UMKM. Lantas bagaimana cara mendaftar program Kemitraan dari Pertamina? Cukup mudah, masukkan proposal usaha dengan anggaran maksimal Rp 300 juta.

Isi formulir pengajuan PK (bisa ke kantor MOR VII atau dikirim via email untuk dicetak sendiri). Kemudian lengkapi formulirnya, ada data usaha, apa tujuan penggunaan dana. Setelah dilengkapi dan diserahkan ke Pertamina, akan dilakukan survey oleh assesor.

Jika kedua pihak sepakat, maka dilakukan penandatanganan kontrak. Dana kemudian ditransfer.(*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved