2 Desa Wisata yang Aman dan Seru Dikunjungi di Lombok NTB

kondisi Pulau Lombok saat ini berangsur pulih dan geliat wisata perlahan mulai normal. Wisatawan asing dan nusantara pun mulai berdatangan

2 Desa Wisata yang Aman dan Seru Dikunjungi di Lombok NTB
Rombongan Fam Trim Lombok gabungan PHRI Sulsel-Asita Jatim berfoto di depan pintu gerbang Dusun Adat Sasak Desa Wisata Sade, Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat )NTB), Rabu (10/10/2018). 

JANGAN takut berlibur ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Meskipun pulau ini sempat diguncang gempa yang cukup besar 7,0 magnitudo pada awal Agustus lalu, namun tak semua destinasi wisata menarik di Lombok terkena dampak bencana alam tersebut.

Sekadar diketahui daerah terparah dampak gempa di Lombok berada di wilayah Kabupaten Lombok Utara. Beberapa wilayah kabupaten lainnya pun ikut terdampak namun infrastruktur wisatanya tak separah di Lombok Utara.

Nah, kondisi Pulau Lombok saat ini berangsur pulih dan geliat wisata perlahan mulai normal. Wisatawan asing dan nusantara pun mulai berdatangan dibanding bulan Agustus hingga September lalu pasca gempa.

suasana kampung Suku sasak di Desa Sade, Lombok, NTB, Oktober 2018
suasana kampung Suku sasak di Desa Sade, Lombok, NTB, Oktober 2018 ()

Sejumlah destinasi wisata non bahari masih bisa dijumpai dan dinikmati di pulau ini, misalnya desa wisata. Dua diantaranya yaitu Desa Sukarara dan Desa Sade.

Desa Sukarara dikenal sebagai desa kerajinan tenun sementara Desa Sade dikenal sebagai desa yang ditinggali penduduk asli bumi Lombok yaitu Suku Sasak. Selain melihat budaya setempat, aktivitas wisata belanja bisa dilakukan di dua desa tersebut.

Baca: Wisata Unggulan Tiga Gili di Lombok Berangsur Pulih

Desa Tenun Sukarara berlokasi di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Salah satu pusat kerajinan tenun di desa ini yaitu Sentral Tenun Dharma Satya Sukarara yang berada di Jl Tenun Tradisional, Lombok Tengah.

Di tempat ini menyediakan aneka macam jenis dan produk tenun setempat. Sebagian besar produk tenun tersebut adalah hasil kerajinan tangan warga setempat yang dititip kemudian dijual di Sentral Tenun Dharma Satya Sukarara.

kain tenun lombok
kain tenun lombok ()

Beberapa produk kerajinan tenun tersbeut antara lain lain tenun songket aneka motif, sarung, lukisan, dan produk kerajinan khas lainnya. Di lokasi ini juga dapat dijumpai aktivitas menenun menggunakan alat tenun tradisonal, bahkan wisatawan dibolehkan mencoba menenun di tempat tersebut.

Terdapat pula properti rumah khas suku Sasak (Bale Tani) yang terbuat dari kayu dengan dinding dari anyaman bambu dan beratapkan daun alang-alang kering. Bangunan itu pun menjadi spot swafoto menarik bagi wisatawan.

Di tempat ini rombongan fam trip Lombok dari PHRI Sulsel dan Asita Jawa Timur menyaksikan aktivitas menenun yang dilakukan dua wanita paruh baya serta melihat-lihat aneka kerajinan tenun warga desa.

menenun kain songket
menenun kain songket ()
Halaman
12
Penulis: Ridwan Putra
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help