Penyebab Gempa dan Tsunami di Donggala-Palu, Ini Sejarah dan Kajian Para Ahli Geologi!

Tercatat riwayat gempa di daerah tersebut: 1 Desember 1927 terjadi gempa berkuatan 6,3 SR.

Penyebab Gempa dan Tsunami di Donggala-Palu, Ini Sejarah dan Kajian Para Ahli Geologi!
tribun timur/nurhadi
Polda Sulawesi Barat terus mengalirkan bantuan kemanusian untuk bagi para korban gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. 

Oleh: Dr Eng Asri Jaya ST MT *)

TRIBUN-TIMUR.COM - Saat ini kita semua lebih fokus pada tindakan tanggap darurat akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala-Palu, Sulawesi Tengah. Apalagi gempa susulan masih berlangsung dari 28 September - 2 Oktober 2018 pada range magnitude (5-7 Skala Richter).

Bahkan gempa susulan terus melebar sampai saat ini, sebagaimana yang terjadi pada segmen sabuk lipatan sesar naik/thrust fold belt Majene (3,7 SR) dan laut sebelah timur Sinjai yang merupakan segmen Sesar Walanae (3.1 SR) pada 1 Oktober 2018.

Dr Eng Asri Jaya ST MT
Dr Eng Asri Jaya ST MT (handover)

Mengingat banyaknya pertanyaan masyarakat terhadap gempa dan tsunami yang terjadi di daerah tersebut, maka sebagai ilmuwan/geoscientist sudah kewajiban kami untuk memberikan pandangan dan pembelajaran kepada masyarakat.

Dari segi sudut pandang geologi, Pulau Sulawesi tergolong salah satu pulau dengan sejarah tektonik yang paling rumit di dunia. Hal tersebut selain dicirikan oleh jenis batuan yang kompleks juga menyisahkan lineament/garis patahan struktur geologi yang banyak dan beragam.

Baca: Terbaru, Gempa Bumi Hari Ini Guncang Luwu Timur Sulsel 4,8 SR: Ini Penjelasan BMKG

Baca: Profesor di Jepang Ingatkan Kemungkinan Gempa Bumi Cukup Besar Terjadi di Sulawesi dalam Waktu Dekat

Baca: TERBARU Gempa Bumi Hari Ini 6,3 SR Guncang Sumba Timur NTT, Keterangan BMKG Soal Tsunami

Berikut beberapa segmen sesar/patahan utama yang memotong Pulau Sulawesi. Sesar naik/thrust fault: Thrust Sulawesi di paling utara Sulawesi yang merupakan zona Subduksi Indo China dan juga bertanggungjawab sebagai pemicu vulkanisme/gunung api aktif di lengan utara Sulawesi.

Selanjutnya thrust Sangihe di timur, Majene di lengan selatan, Kalosi dan Latimojong di lengan selatan, Tolo di bagian timur/Banda, Buton di lengan tenggara.

Kemudian sesar mendatar/strike-slip fault: meliputi sesar mendatar Palu-Koro di bagian tengah, Matano di lengan timur, Lawanopo, Kolaka di lengan tenggara, dan Walanae di lengan selatan. Liniament sesar-sesar tersebut semuanya berpotensi sebagai jalur gempa bumi.

Penyebab Gempa-Tsunami

Terkait dengan penyebab gempa disertai tsunami yang terjadi di daerah Donggala-Palu diduga pemicunya adalah sesar mendatar/strike-slip fault Palu Koro yang sifat geraknya mengiri (sinistral).

Halaman
1234
Editor: Arif Fuddin Usman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved