Lurah Larompong Luwu Jadi Tersangka Kasus Penggelapan Uang Warga

Lurah Larompong, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Muhammad Hasan Nawawi ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres Luwu.

Lurah Larompong Luwu Jadi Tersangka Kasus Penggelapan Uang Warga
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi uang 

Laporan Wartawan TribunLuwu.com, Desy Arsyad

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Lurah Larompong, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Muhammad Hasan Nawawi ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres Luwu.

Dimana Hasan Nawawi diduga telah melakukan penggelapan uang sekaligus penipuan terhadap puluhan warganya.

Modus yang dijalankan oleh oknum lurah tersebut yakni dengan meminta sejumlah uang kepada warganya yang tidak lain adalah korban untuk biaya pengurusan sertipikat nelayan.

Kanit Tipidkor Polres Luwu, Aiptu Haerul, menjelaskan bahwa kasus ini awalnya ditangani oleh unit tipidkor Polres Luwu atas laporan warga setempat.

"Awalnya kasus ini tipidkor yang tangani. Namun dalam gelar perkara oleh tim saber pungli nyatakan tidak memenuni unsur korupsi. Lebih pada penggelapan dana warga sekaligus penipuan," ujarnya melalui sambungan telepon Senin (3/9/2018).

Haerul menjelaska masuknya kategori penggelapan karena uang yang diserahkan warga untuk pengurusan biaya sertipikat tidak sepenuhnya digunakan.

Sisah uang warga justeru digunakan untuk kepentingan lain tidak dikembalikan.

"Penipuannya bahwa, tersangka menjanjikan sertipokat ke warga namun tidak ada hingga saat ini," ujarnya.

Untuk diketahui, dana warga yang digelapkan Lurah Larompong sebesar Rp 5,2 juta dari total uang warga yang diterimanya sebesar Rp 31 juta dari 36 orang korban.(*)

Penulis: Desy Arsyad
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved