Kasihan, Puluhan Tahun Warga Desa Karumpa Selayar Tak Nikmati Air Bersih

Untuk memenuhi kebutuhan air, warga terpaksa beli air tawar ke Pulau Kalaotoa tepatnya di Desa Garaupa.

Kasihan, Puluhan Tahun Warga Desa Karumpa Selayar Tak Nikmati Air Bersih
handover
Suasana Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena, Kepulauan Selayar. 

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, PASILAMBENA - Warga Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan mengeluhkan minimnya pasokan air bersih di desa mereka.

Desa Karumpa memang hanya bisa dilalui melalui jalur laut dengan menggunakan kapal kayu dari Pelabuhan Benteng Selayar dan memakan waktu kurang lebih 12-16 jam perjalanan. 

"Sudah puluhan tahun warga tidak menikmati air bersih. Tidak pernah ada air penyulingan, selalu ada perencanaan dari pemerintah desa dan bahkan pemerintah daerah. Tapi sampai sekarang belum terealisasi," kata Ketua umum Gerakan Mahasiswa Pelajar Pasilambena (GMPP) Selayar, Hendriawan saat dihubungi TribunSelayar.com, Senin (27/8/2018).

Baca: PDAM Gowa Perkirakan Stok Air Bersih Tinggal Dua Bulan

Baca: Polsek Lau Distribusikan 10.000 Liter Air Bersih ke Warga Ampekale Maros

Dikatakan, untuk memenuhi kebutuhan air, warga terpaksa beli air tawar ke Pulau Kalaotoa tepatnya di Desa Garaupa, Dusun Buranga dengan menggunakan Kapal Jolloro. Perjalanan ditepuh kurang lebih satu jam.

"Jika hujan turun para warga menampung air, hampir setiap rumah punya bak air yang kapasitasnya besar," ujarnya.

"Saat ini masyarakat di Desa Karumpa sangat membutuhkan adanya fasilitas air bersih yang terbilang cukup dan memadai. Mengingat di desa ini sangat sulit sekali untuk mendapatkan sumber air tawar yang bisa dimanfaatkan. Baik dalam bentuk sumur maupun sejenisnya," lanjutnya.

Selain air bersih, warga juga mengeluhkan jaringan telepon dan keterbatasan pemakaian listrik. "Listrik hanya menyala dari jam 5.30 sore sampai jam 10 malam," ujarnya.

Ia berharap kepada pemerintah agar kondisi seperti ini bisa diperhatikan sehingga masyarakat Kepulauan khususnya Kecamatan Pasilambena dapat merasakan juga kehidupan yang layak.(*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help