Atasi Masalah Nyamuk, Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 99 Ajak Warga Tanam Bunga Lavender

Atasi Masalah Nyamuk, Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 99 Ajak Warga Tanam Bunga Lavender

Atasi Masalah Nyamuk, Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 99 Ajak Warga Tanam Bunga Lavender
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Infrastruktur Permukiman Universitas Hasanuddin (Unhas) Gel. 99 di Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, melaksanakan salah satu program kerja yaitu Penanaman Tanaman Aromatik (PETA) Lavender, Minggu(5/8/2018). 

Tri Lutfi Widayati

Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 99

Melaporkan dari Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Gowa

TRIBUN-TIMUR.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Infrastruktur Permukiman Universitas Hasanuddin (Unhas) Gel. 99 di Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, melaksanakan salah satu program kerja yaitu Penanaman Tanaman Aromatik (PETA) Lavender, Minggu(5/8/2018).

Kegiatan tersebut diadakan lantaran selama ini warga Batangkaluku resah dengan banyaknya nyamuk.

"Masyarakat takut penyakit deman berdarah (DBD) dan malaria bisa menyerang terutama pada anak-anak yang sering bermain di segala tempat tanpa memperhatikan bahaya nyamuk," kata salah satu warga Batangkaluku, Ulfa.

Penyuluhan ini dipimpin oleh Nunu Tamrin, mahasiswa pertanian Unhas sebagai fasilitator dan merupakan salah satu mahasiswa KKN Unhas Gelombang 99.

Hadir dalam kegiatan Lurah Batangkaluku Syahiruddin berserta istri, Fatmawati. Juga dihadiri tokoh masyarakat dan warga.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Infrastruktur Permukiman Universitas Hasanuddin (Unhas) Gel. 99 foto bersama jajaran pejabat Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Infrastruktur Permukiman Universitas Hasanuddin (Unhas) Gel. 99 foto bersama jajaran pejabat Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. ()

Nunu menjelaskan bunga Lavender yang merupakan tanaman serba guna memiliki manfaat yang terkenal dari bau harumnya yang dapat mengusir nyamuk serta sebagai tanaman hias.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di iklim tropis, sehingga cocok bila ditanam di Indonesia.

Selain itu, bibitnya pun mudah ditemukan di toko pertanian.

“Dengan adanya proker ini dapat memberi pengetahuan kepada ibu-ibu tentang cara-cara penanaman serta cara merawat tanaman Lavender. Ibu-ibu pun sangat antusias dalam penyuluhan ini karena kita kenal kehidupan perkotaan, rumah yang berdempetan, tempat pembuangan sampah yang terbatas akibatnya sarang nyamuk pun dimana-mana sehingga banyak ibu-ibu yang berminat untuk mencoba menanam tanaman lavender di lingkungan rumah,” ujarnya. (*)

Editor: Sakinah Sudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved