Tak Netral Dalam Pilkada, KASN Keluarkan Rekomendasi Sanksi Bagi 3 ASN Luwu

Surat rekomendasi tersebut merupakan tindak lanjut hasil kajian pelanggaran tiga ASN di Luwu.

Tak Netral Dalam Pilkada, KASN Keluarkan Rekomendasi Sanksi Bagi 3 ASN Luwu
desy/tribunluwu.com
Anggota Panwaslu Luwu Kordiv Pencegahan, Kaharuddin 

Laporan Wartawan TribunLuwu.com, Desy Arsyad

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Aparatur Sipil Negara'>Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia mengeluarkan rekomendasi sanksi kepada tiga ASN di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Tiga ASN tersebut sebelumnya mendapat penerusan hasil kajian pelanggaran netralitas ASN pada Februari dari Panwaslu Kabupaten Luwu.

Surat rekomendasi sanksi dari KASN bernomor R-1256/KASN/2018. Surat tersebut bersifat penting perihal rekomendasi pelanggaran netralitas ASN dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Luwu ditujukan langsung kepada Bupati Luwu sebagai pejabat pembina kepegawaian di Luwu.

Surat rekomendasi tersebut merupakan tindak lanjut hasil kajian pelanggaran tiga ASN di Luwu sebelum penetapan pasangan calon di Pilkada Luwu.

"Rekomendasi ini merupakan jawaban terhadap hasil penerusan pelanggaran ke KASN oleh Panwaslu Luwu bulan Februari lalu. Kita mengapresiasi rekomendasi KASN atas pelanggaran tersebut," tutur Anggota Panwaslu Luwu Kordiv Pencegahan, Kaharuddin, Kamis (19/7/2018).

Baca: 5 Jam Lurah Viral Diperiksa Ombudsman Sulsel, Sanksinya Bisa Penonaktifan PNS! Baca Selengkapnya

Baca: Hari Pertama Kerja, Bupati Barru Beri Sanksi Tegas Bagi ASN Tambah Libur

"Sekarang kita juga menunggu hasil rekomedasi lainnya dari KASN terkait pelanggaran netralitas setelah penetapan Pasangan calon. Karena yang baru keluar dari KASN ini sebelum penetapan, pelanggaran netralitas sesudah penetapan pasangan calon kita masih menunggu," lanjutnya.

Kaharuddin juga menegaskan, jika hal ini menjadi pembelajaran bagi ASN. Bahwa Panwaslu akan menegakkan hukum pemilu tanpa memilah siapa pelakunya.

Sementara Kordiv SDM dan Organisasi Panwaslu Luwu, Abdul Latif Idris mengajak agar publik secara bersama menjaga kualitas pemilu 2019.

Dimana ASN diperintahkan untuk tetap netral memosisikan dirinya pada koridor hukum pemilu, sehingga dapat mnghasilkan pemilu yang berintegritas.

"Kami berharap partisipasi aktif dari masyarakat untuk bersama kami mengawasi pemilu. Kita tegakkan keadilan pemilu yang sesungguhnya, Bawaslu siap mengawasi," ujarnya.

Adapun isi surat dari KASN memerintahkan kepada Bupati Luwu, Andi Mudzakkar untuk memberikan sanksi moral berupa pernyataan secara terbuka kepada tiga ASN, Irmawaty, Andi Iskandar, dan Aswardianto Nasir.

Juga memerintahkan untuk memberikan sanksi Ringan terhadap Irmawaty. Rekomendasi tersebut diharapkan dapat segera dilaksanakan dan dilaporkan tindak lanjutnya ke KASN.

Jika tidak ditindaklanjuti, KASN merkomendasikan kepada presiden untuk menjatuhkan sanksi bagi pejabat pembina kepegawaian yang tidak melaksanakan rekomendasi surat tersebut.(*)

Penulis: Desy Arsyad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved