CITIZEN REPORTER

Rawan Longsor, Warga Tondong Tallasa dan BPBD Pangkep Lakukan Simulasi Bencana

Lukman mengatakan meski memang hanya simulasi tetapi pihaknya ingin hal ini dapat menggugah warga untuk selalu antisipasi terhadap bencana.

Rawan Longsor, Warga Tondong Tallasa dan BPBD Pangkep Lakukan Simulasi Bencana
CITIZEN REPORTER
simulasi penanggulangan bencana tanah longsor di halaman kantor camat Tondong Tallasa kabupaten Pangkep,Kamis (12/07/2018). 

Syaiful

Fasilitator SIBATARA

Melaporkan dari Pangkep

TRIBUN-TIMUR.COM-Kecamatan Tondong Tallasa kabupaten Pangkep memiliki struktur alam yang terdiri dari tanah berbukit sehingga ketika hujan dengan intensitas tinggi dan tidak mengenal musim berpotensi terjadinya tanah longsor

Melihat potensi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep melakukan simulasi penanggulangan bencana tanah longsor di halaman kantor camat Tondong Tallasa kabupaten Pangkep,Kamis (12/07/2018).

“Di simulasi itu, Tim Reaksi Cepat BPBD, PMI dan masyarakat melakukan pertolongan korban akibat longsor, mereka juga menghubungi Kepala desa untuk mengajak warga melakukan evakuasi mandiri,” ujar Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Pangkep H. Lukman, SH.

Lukman mengatakan meski memang hanya simulasi tetapi pihaknya ingin hal ini dapat menggugah warga untuk selalu antisipasi terhadap bencana. Sebab, ini lebih kepada sebuah gerakan aksi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk sadar bencana.

“Sesuai dengan tema kita, membentuk tim Siaga Bencana Tangan Rakyat atau SIBATARA, dimulai dari Kita, Keluarga dan Masyarakat. Jadi, kami mendorong seluruh komponen masyarakat untuk bisa mengevakuasi dirinya sendiri, sehingga bisa mengurangi resiko korban jiwa,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Muhammad Idris yang juga kepala dusun di desa Bulutellue, sangat merespon positif atas digagasnya simulasi yang bertujuan memberikan pemahaman dan edukasi penanggulangan bencana.

“Kami harap melalui simulasi ini warga menjadi lebih siaga dan simulasi ini juga dapat dilakukan secara berkala,"katanya.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help