Soal Difteri, Ini Kata Dokter Spesialis Anak RSUD Lasinrang Pinrang

Pencegahan Difteri memang sudah menjadi atensi kepada setiap dokter di Kabupaten Pinrang.

Soal Difteri, Ini Kata Dokter Spesialis Anak RSUD Lasinrang Pinrang
hery syahrullah/TribunPinrang.com
Dokter Spesialis Anak RSUD Lasinrang Pinrang, dr Syahrir Rusdi 

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, Hery Syahrullah

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Penyakit difteri mulai mewabah di Indonesia. Bersyukur, warga Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, belum ada yang terkena penyakit tersebut.

Menurut Dokter Spesialis Anak RSUD Lasinrang Pinrang, dr Syahrir Rusdi, hingga kini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya pasien penderita difteri di Pinrang.

"Untuk saat ini, tidak ada kasus difteri di Pinrang," tuturnya saat dikonfirmasi TribunPinrang.com, Rabu (3/1/2018).

Namun, kata Syahrir, upaya pencegahan bakteri tersebut tentu tetap gencar dilalukan. Apalagi, pencegahan Difteri memang sudah menjadi atensi kepada setiap dokter di Kabupaten Pinrang.

Baca: Wisatawan Meningkat, Warga Bulukumba Diminta Waspadai Penularan Difteri

Baca: Tak Ada Kasus Difteri di Pinrang, Dinkes Tetap Lakukan Ini

"Cara pencegahannya yaitu dengan melakukan vaksinasi," ujarnya. Syahrir menyebutkan, pihaknya intens melakukan vaksinasi untuk bayi usia 2, 3, 4, hingga 18 bulan melalui DPTHib.

"Sedangkan untuk anak usia 5 tahun hingga 7 tahun, vaksinasinya dilakukan di sekolah-sekolah melalui program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)," ungkapnya.

Hingga saat ini, lanjut Syahrir, pihaknya juga gencar mensosialisasikan kepada orangtua dan pengantin baru untuk tidak melewatkan vaksinasi tersebut.

"Penyakit Difteri sangat cepat penularannya. Dapat menular melalui udara, air ludah/liur dan kontak fisik dengan penderita. Dengan demikian, tentu saja wabah difteri bisa saja memasuki wilayah Kabupaten Pinrang," jelasnya.(*)

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help