809 Makam di Soppeng Riaja Bakal 'Digusur' Demi Kereta Api, Ketua Gappembar Ancam Bakal Lakukan Ini

Ia menilai, rencana pemerintah untuk memindahkan pemakaman tersebut hanya merusak fasilitas umum.

809 Makam di Soppeng Riaja Bakal 'Digusur' Demi Kereta Api, Ketua Gappembar Ancam Bakal Lakukan Ini
akbar hs/tribunbarru.com
Ketua Umum Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Barru (Gappembar), Ikbal Parenrengi. 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Ketua Umum Gabungan Pemuda Pelajar Mahasiswa Barru (Gappembar), Ikbal Parenrengi, menyebut dirinya tidak sepakat dengan rencana pemerintah pusat terkait akan dipindahkannya pemakaman di Mangkoso, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk dilalui jalur Rel Kereta Api (RKA).

Ia menilai, rencana pemerintah untuk memindahkan pemakaman tersebut hanya merusak fasilitas umum dan merugikan sejumlah pihak.

"Kami selaku pemuda Barru tentu sangat tidak sepakat dengan cara ini. Pemerintah tidak boleh merusak fasilitas umum. Termasuk akan dipindakannya pemakaman umum ini untuk digunakan membangun jalur RKA seperti yang diinginkan oleh pemerintah pusat," kata Ikbal kepada tribunbarru.com, melalui WhatsApp, Minggu (12/11/2017).

Baca: Ini Kata Syahrul Usai Uji Coba Rel Kereta Api di Barru

Menurut Ikbal, pembangunan jalur RKA haruslah tetap berdasar pada aturan yang ada dan mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan.

"Terkait pelaksanaan secara teknis rel kereta api, pemerintah harus tetap berdasar pada aturan, bukan dengan merusak fasilitas umum dan merugikan pihak-pihak lain," tuturnya.

Seharusnya, lanjut Ikbal, pihak perusahaan dan pelaksana pembangunan RKA melakukan pertemuan atau duduk bersama dengan masyarakat untuk mencari solusi terbaik dalam membangun jalur kereta api.

"Perusahaan yang melaksanakan pembangunan rel haruslah duduk bersama-sama masyarakat di sana (Soppeng Riaja) untuk kemudian mencari solusi terbaik dari masalah ini, agar pembangunan rel tetap berjalan baik dan tidak ada pihak-pihak yang dirugikan," ungkapnya.

Baca: Soal Sindiran 3 Kali Groundbreaking Rel Kereta Api di Barru, Begini Respon Syahrul

Halaman
12
Penulis: Akbar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help