TribunTimur/

Soal Kebijakan Aktivasi Kartu SIM, Ini Kata Warga Sinjai

Registrasi bisa dimulai 31 Oktober 2017. Batas akhir registrasi bagi pelanggan lama pada 28 Februari 2018.

Soal Kebijakan Aktivasi Kartu SIM, Ini Kata Warga Sinjai
HANDOVER
Mizar Roem

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

TRIBUN-TIMUR.COM, SINJAI -Salah seorang warga Sinjai, Sulawesi Selatan Mizar Roem sepakat dengan upaya pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang kian memperketat proses aktivasi kartu SIM prabayar milik operator telekomunikasi.

Menurut Mizar bahwa dirinya setuju jika wacana tersebut dilaksanakan pemerintah guna mendeteksi pengguna kejahatan dengan melalui penggunaan telepon seluler.

"Saya setuju dan harusnya dari dulu diterapkan agar semua terdata dengan baik," kata Mizar yang juga bakal Calon Wakil Bupati Sinjai, Jumat (13/11/2017).

Sementara rencana pemerintah akan memberlakukan kepada pelanggan baru maupun lama wajib mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP dan nomor kartu keluarga (KK) miliknya.

Registrasi bisa dimulai 31 Oktober 2017. Batas akhir registrasi bagi pelanggan lama pada 28 Februari 2018.
Bagaimana jika pelanggan yang tidak melakukan registrasi ulang? Pemerintah akan menerapkan sanksi bagi pelanggan.

Dalam rentang waktu 30 hari setelah batas akhir pelanggan belum melakukan registrasi, maka outgoing call dan SMS akan diblokir (tidak bisa melakukan panggilan).

Lalu ditambah waktu 15 hari , jika pelanggan tidak registasi, tidak akan bisa melakukan panggilan, menerima panggilan, SMS, dan internet dimatikan.

Terakhir, pemerintah memberikan waktu 15 hari agar pelanggan melakukan registrasi, namun jika sampai batas tersebut tidak melakukan registrasi barulah nomor SIM pelanggan yang bersangkutan akan diblokir.

Pendaftaran NIK dan KK bisa dilakukan oleh pelanggan sendiri setelah membeli kartu prabayar. Atau bisa juga dilakukan melalui gerai operator masing-masing.

Untuk pendaftaran yang dilakukan sendiri, pengguna bakal dibatasi hanya bisa mendatarkan tiga nomor prabayar dari satu operator seluler.

Aturan ini tak hanya berlaku bagi pelanggan baru tetapi pelanggan lama wajib melakukan registrasi berdasarkan nomor KTP dan KK. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help