TribunTimur/
Home »

Opini

opini

Melawan Narkoba Berbasis Bukti

Hanya bertumpu pada pendekatan hukum ternyata tidak memberikan efek jera, tidak mengurangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Melawan Narkoba Berbasis Bukti
Sudirman Nasir

Oleh: Sudirman Nasir
(Pengajar/peneliti di FKM Unhas)

Media massa dan media sosial di Makassar akhir Maret 2017 lalu cukup ramai memberitakan tertembaknya terduga bandar besar narkoba di kota ini. Hal ini tentu patut dihargai.

Ketegasan pendekatan hukum terhadap pengedar apalagi terhadap bandar narkoba memang dibutuhkan.

Namun seharusnya kita juga menyeimbangkan pendekatan penegakan hukum dengan pendekatan kesehatan masyarakat, khususnya berdasarkan bukti-bukti ilmiah (scientific evidence) yang telah terverifikasi.

Menyeimbangkan pendekatan di hulu atau sisi permintaan (kesehatan masyarakat) dengan sisi hilir (penegakan hukum) sangat diperlukan.

Terdapat semakin banyak bukti ilmiah yang dihasilkan lewat penelitian-penelitian dan publikasi-publikasi akademik mengenai penyalahgunaan narkoba dan bahwa penyalahgunaan ini tidak tersebar merata.

OPINI: Pedofilia, Pendidikan, Seksualitas dan Kecerdasan Digital

Penelitian menunjukkan bahwa negara-negara maju dengan tingkat kesenjangan sosial-ekonomi yang lebih tinggi ternyata juga memiliki tingkat penyalahgunaan narkoba yang lebih besar.

Selain memiliki tingkat penyalahgunaan narkoba yang lebih tinggi, negara-negara dengan kesenjangan sosial ekonomi yang lebar itu juga memiliki indikator-indikator sosial dan kesehatan masyarakat yang lebih buruk.

Seperti tingkat kesakitan dan kematian akibat penyakit-penyakit kejiwaan maupun tingkat kriminalitas yang lebih tinggi (Wilkinson dan Picket dalam “The Spirit Level—Why More Equal Societies Almost Always Do Better”, 2009).

Halaman
123
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help