Jangan Berikan Jenis Makanan Ini ke Bayi

"Memang ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada bayi. Bayi itu maksudnya di bawah usia 1 tahun," kata Damayanti

Jangan Berikan Jenis Makanan Ini ke Bayi
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM-Setelah ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi sudah boleh diberikan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tapi tentu saja tak semua makanan atau minuman boleh diberikan kepada bayi.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, Sp.A(K) mengungkapkan beberapa makanan sebaiknya tidak diberikan kepada bayi.

"Memang ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada bayi. Bayi itu maksudnya di bawah usia 1 tahun," kata Damayanti dalam acara Promina Meet The Expert di Jakarta, Sabtu (12/11/2016).

Berikut adalah beberapa bahan pangan yang tidak direkomendasikan untuk bayi berusia kurang dari satu tahun.

1. Madu

Madu memang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, bayi atau anak berusia di bawah 1 tahun sebaiknya tidak diberikan madu. Damayanti menjelaskan, madu mengandung spora clostridium.

"Bayi belum bisa mengeluarkan spora itu sehingga bisa berkembang. Nanti gejalanya bisa kesadaran menurun, kejang-kejang, orang enggak pernah mikir itu karena makanan," ungkap Damayanti.

2. Gula padat

Gula padat seperti permen tentu saja sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena mereka belum bisa mengunyah dengan sempurna. Pemberian gula padat dapat membuat bayi tersedak atau menyumbat saluran napasnya.

3. Makanan tidak matang

Halaman
12
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help