CITIZEN REPORTER

Sosialisasi Saka Widya Budaya Bakti

Laporan: Muhammad Safri, Koodinator Kelompok Kerja Pendidikan Anak Usia Dini BPPAUDNI Regional III

TRIBUN-TIMUR.COM -- Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal, dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Lydia Freyani Hawadi Psi dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Kwarnas Pembinaan Orang Dewasa, melakukan Sosialisasi Saka Widya Budaya Bakti.

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Kwartir Daerah Pramuka Sulawesi Selatan, Jl Monginsidi, Makassar, Rabu (26/2) itu, diikuti sejumlah pelatih pramuka. Tatap muka tersebut merupakan kunjungan pertama Prof Lydia sebagai Wakil Ketua Kwarnas Pembinaan Orang Dewasa dalam kepengurusan Dr H Adyaksa Dault.

Menurut Prof Lydia, mulai tahun 2014 seiring akan diberlakukannya kurikulum tahun 2013 akan disinergikan gerakan pramuka dan kurikulum. Itu berlaku bagi murid sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas. Dalam kaitan itu, semua siswa akan mendapat orientasi pramuka.

“Ke depan, pramuka akan jadi eskul (ekstra kurikuler) yang wajib di sekolah-sekolah. Siswa akan mendapat orientasi pramuka,” kata Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu.

Dalam pertemuan tersebut, Prof Lydia mengungkapkan beberapa krida di Saka Widya Budaya Bakti. Diantaranya, Krida Pendidikan Masyarakat, Krida Anak Usia Dini, Krida Kursus dan Latihan, Krida Bina Sejarah, Krida Bina Kesenian, dan Krida Bina Nilai Budaya.

Prof Lydia menginformasikan pula bahwa tanggal 6 Maret mendatang akan berlangsung Rembug Pramuka Nasional yang akan berlangsung di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam pertemuan tersebut akan ditandatangani sejumlah kerja sama dengan para dirjen.

Soal pelantikan Dr Adyaksa Dault sebagai Ketua Kwarnas 2013-2018, tinggal menunggu waktu yang tepat. “Yang pasti, penetapan Kak Adyaksa sebagai Ketua Kwarnas masa bakti 2013-2018 sudah final,” kata Dirjen PAUDNI Kemendikbud tersebut.***

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved