Minggu, 23 November 2014
Tribun Timur

Pelajar Makassar Belajar Jadi Pemimpin di UMI

Minggu, 6 Mei 2012 21:20 WITA

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Puluhan pelajar SMA dari beberapa sekolah di Makassr mengikuti Pelatihan Dasar-dasar Kepemimpinan dan Manajemen di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Tercatat ada 42 pelajar yang mengikuti latihan dasar kepemimpinan yang digelar di Masjid Umar Bin Khattab Kampus II UMI, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, akhir pekan lalu.

Ketua Lembaga Pendidikan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI Dr M Ishaq Shamad MA yang juga fasilitator pada pelatihan ini mengatakan, pelatihan ini sudah merupakan angkatan ke-3 dari 10 angkatan yang direncanakan bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar.

"Setiap angkatan berlangsung selama dua hari yakni setiap hari Jum'at dan Sabtu selama periode Mei sampai Juni 2012 bertempat di lantai 3 Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI dengan peserta yang berbeda setiap angkatan," ujarnya.

Sebelumnya, peserta angkatan 1 dari siswa-siswi SMA 9 Makassar dan SMA UMI, dan angkatan 2 peserta berasal dari siswa-siswi dari SMA Bonto Marannu. Sedangkan peserta pelatihan kepemimpinan dan manajemen angkatan 3 ini berasal dari siswa-siswi SMK Wahyu dan SMA Nasional Makassar.

Ditambahkan pula penyajian materi dengan metode bervariasi dan materi pelatihan terdiri dari menggali potensi kepemimpinan diri, membedakan antara leader dan manajer, karakter-karakter pemimpin hebat di dunia, membangun visi dan misi, problem solving, dan merencanakan masa depan.

Kelak diharapkan pelatihan ini dapat menjadi modal pelajar untuk membentuk karakter pemimpin dalam dirinya yang kemudian dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak menutup kemungkinan dari pelatihan ini nantinya akan lahir pemimpin-pemimpin masa depan yang punya karakter pemimpin yang islami.(*)
Penulis: Suryana Anas
Editor: Ridwan Putra

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas