Travel di Makassar Incar Peluang Umrah Ramadan, Optimistis Meski Harga Hotel di Arab Saudi Naik

Dirinya berharap travel tetap berhati-hati dalam menentukan, tidak berspekulasi, dan mencari info umrah dari banyak sumber yang diyakini kebenaranya.

Penulis: Rudi Salam | Editor: Ina Maharani
DOK KOMPAS.COM
Ilustrasi ibadah umrah y 

 TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pebisnis travel di Makassar mengincar peluang umrah Ramadan 1444 H.

CEO Al Jasiyah Travel, Nurhayat mengatakan, Al Jasiyah sudah booking seat di Lion Makassar landing Madinah untuk program awal Ramadan keberangkatan 20 Maret 2023.

“Paket ekonomis harga Rp35,5 juta program 12 hari. Untuk fasilitas hotel bintang 4 harganya Rp37 juta dan bintang 5 Rp47,8 juta,” kata Hayat, saat dihubungi Tribun-Timur.com, Senin (9/1/2023).

Hayat menyebut, harga hotel di Saudi cukup mahal. Kendati demikian, pihaknya mengaku tetap optimis bisnis umrah kembali membaik.

“Sekalipun harga lebih tinggi dibanding sebelum pandemi, namun kita optimis karena umrah Ramadan ini memiliki keutamaan,” sebut Ketua Astindo Sulsel tersebut.

Sementara itu, CEO PT Talenta International Tourism, Irsan Ali juga tetap optimis untuk umrah Ramadan.

Kendati demikian, pihaknya dihadapi harga paket yang cukup mahal karena dipengaruhi harga hotel di Mekkah dan Madinah yang melambung tinggi.

“Hotel di Mekkah dan Madinah melambung cukup tinggi, apalagi pada periode Ramadan.
Beberapa jamaah sudah mulai mendaftar untuk periode Ramadan,” kata Irsan.

“Namun ada juga yang mengharapkan paket yang lebih murah dengan mengurangi durasi perjalanan umrahnya agar harga dapat terjangkau,” sambung Ketua DPD Ampuh Sulawesi itu.

Talenta International Tourism sendiri menawarkan paket umrah awal Ramadan untuk 12 hari dengan harga mulai Rp35,5 juta.

Senada, CEO Bulusaraung Travel, Suryadi juga menyayangkan harga hotel yang cukup tinggi.

Mekipun demikian, pihaknya juga tetap optimis bisa menangkap peluang pada umrah Ramadan.


“Untuk paket umrah Ramadan sudah banyak yang bertanya, tapi harga hotel sekarang naik, jadi kami takut kasi keluar harga,” kata Suryadi.


Optimis di Tengah Kekhawatiran 


Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Azhar Gazali mengaku optimis untuk umrah Ramadan, meskipun di tengah kekhawatiran.

“Optimis di tengah kekhawatiran tentang banyaknya aturan baru juga kenaikan harga hotel di Saudi yang sangat tinggi mencapai 300 persen,” kata Azhar.

Dirinya berharap travel tetap berhati-hati dalam menentukan, tidak berspekulasi, dan mencari info umrah dari banyak sumber yang diyakini kebenaranya.

“Jangan sampai hilang kepercayaan dari jemaah dan mempengaruhi pelayanan komunikasi dan koordinasi yang baik diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harap Azhar.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved