Pasar Tarue

Pasar Tarue Luwu Utara Resmi Beroperasi

Pasar Rakyat Tarue, Kecamatan Sabbang Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) kini sudah dimanfaatkan warga, Minggu (8/1/2023)..

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Sukmawati Ibrahim
DOK PRIBADI
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di sela meresmikan pemanfaatan Pasar Rakyat Tarue yang dibangun melalui dana tugas pembantuan dari Kementrian Perdagangan RI tahun anggaran 2022, Rp 3 miliar, Minggu (8/1/2023). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pasar Rakyat Tarue, Kecamatan Sabbang Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) kini sudah dimanfaatkan warga, Minggu (8/1/2023).

Itu setelah Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meresmikan pemanfaatan pasar yang dibangun melalui dana tugas pembantuan dari Kementrian Perdagangan RI tahun anggaran 2022, Rp 3 miliar.

Daya tampung pedagang kurang lebih 70 pedagang. Terdiri dari 18 yang diperuntukkan untuk pedagang kios dan 52 untuk pedagang los.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Luwu Utara, Muh Kasrum mengatakan, tujuan pasar untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Termasuk, menciptakan lapangan kerja dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil di Luwu Utara.

"Dengan terbangunnya pasar rakyat ini dapat dimanfaatkan dengan baik serta dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat," katanya.

"Kecamatan Sabbang Selatan khususnya, kita berharap masyarakat Tarue dan sekitarnya kedepan pasar ini dapat lebih maju seiring dengan perkembangan perekenomian masyarakat" sambungnya.

Di sisi lain, tujuan terbangunnya pasar adalah dapat menampung para pedagang pasar. Serta tercipta aktifitas jual beli yang nyaman antara pedagang dan pembeli.

Sehingga pergerakkan ekonomi dari berbagai sumber seperti komunitas pedagang, perkebunan dan komunitas.

"Ini memberikan nilai positif dan komunitas kelautan dapat pertumbuhan ekonomi baik secara individu maupun secara umum," ujar dia.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersyukur atas hadirnya pasar di Tarue.

"Alhamdulillah dua tahun berturut-turut di awal tahun saya gunakan untuk meresmikan pasar yang sumber pembiayaannya dari dana TP kementerian perdagangan. Dimana kita selesaikan lebih awal dan pelaksanaannya juga telah kita laksanakan lebih awal," kata , Indah Putri Indriani.

Bupati dua periode ini mengatakan, tahun depan, pemkab mendapat alokasi anggaran untuk pengembangan pasar rakyat di Kecamatan Sukamaju dan Sukamaju Selatan.

"Salah satu pendukung pembangunan adalah kondutifitas suatu wilayah, mengingat dua kecamatan tersebut lahan sudah tersedia dan kondusif," tutur Indah Putri Indriani.

Ia berharap, dengan adanya pasar ini aktifitas pedagang dan pembeli bisa lebih sehat dan bisa bersaing dengan retail modern.

"Yang paling penting adalah pasar itu bersih juga sehat dan saya berharap pasar ini dapat segera difungsikan. Karena target kita Januari ini sudah bisa digunakan serta segera dimanfaatkan dan saya titip dipastikan pemanfaatan dapat berjalan dengan baik. Dipelihara karena bangunan sebagus apapun jika tidak dipelihara akan rusak," pesan Indah Putri Indriani. (*)

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved