Polres Jeneponto Mulai Berlakukan Tilang Elektronik

Menanggapi hal itu, Kepala Satuan Polisi Lalulintas (Kasatlantas) Polres Jeneponto Iptu Sudirman merespon baik kebijakan atasannya.

Tribun-Timur.com, Muh Agung Putra Pratama
Kasatlantas Polres Jeneponto, Iptu Sudirman 

TRIBUN-TIMUR.COM, JENEPONTO - Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah meniadakan tilang manual sesuai arahan Kapolri.

Kebijakan itu mulai tertanggal pada 25 Oktober 2022 dan resmi menerapkan tilang elektronik

Menanggapi hal itu, Kepala Satuan Polisi Lalulintas (Kasatlantas) Polres Jeneponto Iptu Sudirman merespon baik kebijakan atasannya.

"Terkait untuk tilang manual, sementara ini kita melaksanakan petunjuk dan arahan pimpinan kami yang tertinggi untuk kita kedepankan penindakan secara elektronik," ujar Iptu Sudirman saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/12/2022).

Meski pihaknya belum memiliki alat khusus untuk tilang elektornik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Namun hingga kini, Satlantas Polres Jeneponto tetap gencar melakukan penindakan, diantaranya teguran kepada pelanggar lalulintas. 

"Untuk tilang manual sementara kita tangguhkan dulu, tapi kita menggunakan pola pendekatan memberikan teguran kepada seluruh pelanggar," ucapnya

Ia bersama jajarannya terus berupaya agar hal serupa tak dilakukan para pengendara.

"Penegakan hukum tetap kita laksanakan, orang-orang atau pengendara sepeda motor yang melanggar di luar kita bawa ke kantor, pada saat di kantor kita berikan teguran tertulis," ungkapnya

Dikatakan, ELTE yang akan digunakan untuk tilang elektornik belum ada pada Polres Jeneponto

Sehingga, Kasatlantas yang baru menjabat kurang lebih empat bulan ini tetap menanti alat tersebut.

"Sementara ini kami juga seluruh teman-teman Kasatlantas belum bisa memberikan gambaran kapan bisa diberikan, kami takut mengeluarkan statement hari ini, bulan ini, tahun ini, bukan kapasitas kami memberikan (keterangan) itu," tandasnya. 

Sekedar diketahui, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Satlantas Polres Jeneponto akan melaksanakan cipta kondisi dengan melakukan penindakan tilang manual hingga memasuki awal Januari 2023.

Dimana target sasarannya adalah balapan liar, knalpot brong, kendaraan tanpa plat nomor atau tidak sesuai spektek, kendaraan melawan arus hingga pengendara tanpa menggunakan helm.

Laporan Kontributor Tribun-Timur.com, Muh Agung Putra Pratama 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved