Cuaca Ekstrem

BMKG Ingatkan Warga Enrekang Waspadai Banjir dan Longsor di Akhir Tahun

Masyarakat perlu waspada kondisi cuaca ekstrem saat ini, apalagi yang hendak melakukan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru.

Penulis: Erlan Saputra | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/ERLAN SAPUTRA
Jembatan penghubung Kecamatan Maiwa-Bungin di Desa Matajang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, rusak imbas bencana longsor dan banjir bandang, Minggu (9/10/2022) lalu. BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada momen jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2023. 

TRIBUN-TIMUR.COM, ENREKANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada momen jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2023.

Imbauan tersebut ditujukan kepada masyarakat Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Terutama masyarakat yang tinggal di lereng perbukitan dan bantaran sungai.

"Saat ini memang sudah memasuki musim hujan dan puncaknya memang diperkirakan bulan Desember dan Januari," ujar Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Farid, kepada TribunEnrekang.com, Minggu (4/12/2022).

Menurut Farid, masyarakat perlu waspada kondisi cuaca ekstrem saat ini, apalagi yang hendak melakukan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Perlu diwaspadai apalagi di daerah-daerah dataran tinggi seperti Tana Toraja, Enrakang, dan beberapa wilayah dataran tinggi lainnya. Apalagi intensitas curah hujan saat ini cukup tinggi sehingga rawan terjadi longsor," paparnya.

BMKG selalu melakukan kerja sama dengan lembaga-lembaga penanggulangan bencana untuk selalu siap siaga menghadapi cuaca saat ini.

"Kami selalu berkoordinasi dengan BPBD jika terdapat sesuatu yang signifikan, kami informasikan untuk diwaspadai, terutama dampaknya," katanya.

Selain longsor, Farid juga menguraikan bahwa potensi curah hujan sering menimbulkan terjadi pohon tumbang bahkan banjir.

"Untuk besok hari masih ada potensi turun hujan karena sekarang ini memang lagi musim hujan. Dan beberapa yang terdampak terutama di pesisir barat Sulawesi Selatan," tutupnya.(*)

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Erlan Saputra 

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved