Panglima TNI

Sudah Disiapkan Jokowi, Kapan Komisi I DPR RI Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Yudo Margono?

Komisi I DPR RI belum menjadwalkan fit and profer test calon Panglima TNI Yudo Margono.

Editor: Sudirman
Youtobe Tribun Timur
Mutia Hafid dan Yudo Margono. DPR RI belum menentukan jadwal uji kelayakan calon panglima Yudo Margono. 

TRIBUN-TIMUR.COM - DPR RI belum menjadwalkan fit and proper test calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Meski surat berisi Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI telah diserahkan Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani.

Ketua Komisi I DPR RI, Mutia Hafid mengatakan, uji kelayakan calon Panglima TNI akan diadakan setelah Pimpinan DPR RI melaksanakan Rapim.

DPR RI kemudian akan menugaskan Komisi I menggelar uji kelayakan calon Panglima TNI.

Mutia Hafid meminta kepada masyarakat tetap bersabar soal jadwal fit and profer test calon Panglima TNI.

"Karena itu kami akan menunggu Bamus dan segera setelah Bamus menugaskan Komisi I, Insya Allah Komisi I siap untuk segera mengadakan fit and proper test calon Panglima TNI," kata Selasa (29/11/2022).

Meutya mengatakan, sesuai Undang-Undang DPR RI memiliki waktu 20 hari untuk menjawab Surpres terkait Panglima TNI tersebut.

Artinya, kata dia, masih cukup waktu untuk melakukan fit and proper test sebelum berakhir masa sidang yaitu pada tanggal 15 atau 16 Desember.

"Artinya kalau ditanya kapan rentang waktunya? Ya dari hari ini sampai 15 Desember fit and proper test itu masih mungkin dilakukan," terang Meutya.

"Batas akhirnya sebetulnya pensiunnya Pak Jenderal Andika adalah sebetulnya di 31 Desember. Tapi karena kita akan menutup masa sidang di 15 atau 16 Desember maka DPR akan menyelesaikannya sebelum tanggal 15 Desember," sambungnya.

Meutya juga menjelaskan, meski Komisi I belum menggelar rapat internal, kemungkinan Komisi I DPR RI akan melakukan verifikasi faktual dengan mengunjungi rumah Yudo setelah fit and proper test digelar.

Ia mengatakan, tidak ada ketentuan mengenai kapan waktu untuk melakukan verifikasi faktual tersebut, melainkan hanya kelaziman.

Sosok Yudo Margono

Laksamana Yudo Margono lahir dari keluarga petani.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved