Diskusi

Kader NU Makassar Puji Jokowi-Maruf Amin: Hadirkan Banyak Ruang bagi Pemuda

Refleksi Sumpah Pemuda dalam mengawal tiga tahun kepemimpinan Jokowi-Amin membangun Indonesia menjadi tema diskusi.

Penulis: Wahyudin Tamrin | Editor: Muh. Irham
TRIBUN TIMUR/WAHYUDIN TAMRIN
Diskusi Lembaga Serum Institut dalam rangka tiga tahun masa kepemimpinan Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin, di Hotel D Maleo Makassar, Kamis (20/10/2022). Refleksi sumpah pemuda dalam mengawal tiga tahun kepemimpinan Jokowi-Amin membangun Indonesia menjadi tema diskusi. 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Lembaga Serum Institut menggelar diskusi tepat tiga tahun masa kepemimpinan Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin, di Hotel D Maleo Makassar, Kamis (20/10/2022).

Refleksi Sumpah Pemuda dalam mengawal tiga tahun kepemimpinan Jokowi-Amin membangun Indonesia menjadi tema diskusi.

Pemantik diskusi yakni akademisi Arief Wicaksono, Sekretaris NU Makassar Usman Sofyan, tokoh agama Abdul Wahid, Humas IDI Makassar Wahyudi Muchsin, perwakilan buruh Abd Muis serta sejumlah lembaga BEM dan ekstra kampus.

Arief Wicaksono mengatakan pemerintahan Jokowi-Amin di periode kedua ini pro terhadap anak muda.

Hal itu diperlihatkan dengan melibatkan kaum muda dalam kabinetnya.

"Misalnya Nadiem Makarim di Mendikbud, Erick Thohir di BUMN, serta beberapa Stafsus Presiden yang juga bahkan mayoritas pemuda," kata akademisi Universitas Bosowa itu.

Menurut Arief, anak muda perlu merefleksikan diri terkait perannya secara individu terhadap sejumlah masalah-masalah sosial.

Sebab, kata dia, selama ini juga terdapat beberapa pemuda apatis terhadap persoalan sosial. 

"Nah, ini perlu kita refleksi diri agar peran kita sebagai pemuda bisa betul-betul dirasakan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Abd Wahid menilai pemerintahan Jokowi-Amin sewaktu masih menjadi kandidat di Pilpres, terjadi keterbelahan di masyarakat yang begitu kuat.

"Tetapi begitu sudah ditetapkan sebagai Presiden dan Wapres, Pak Jokowi langsung mengambil sikap dan mengajak seluruh elemen bangsa untuk kembali bersatu padu demi persatuan," tuturnya.

"Dengan sikap Pak Jokowi saat itu, hingga sekarang ini saya melihat ada keteladanan dari seorang pemimpin. Sehingga menciptakan ketentraman dan kedamaian dalam berbangsa dan bernegara," sambung dia.

Capaian Pemerintahan Jokowi-Amin juga diapresiasi oleh Wahyudi Muchsin. Berdasarkan data, kata dia, penanganan Pandemi Covid-19 Indonesia masuk kategori terbaik.

"Ini tentu tidak terlepas dari peran masyarakat, tenaga kesehatan, pemerintah dan seluruh pihak yang secara sadar bahwa Covid-19 harus dilawan secara bersama," ujar pria berjuluk dokter koboi itu.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved