Kemensos Salurkan Bantuan pada Puluhan Penyandang Disabilitas Mental di Rumah Singgah Sangalla Utara

Kemensos bersama Sentra Wirajaya di Makassar mengadakan acara Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) di Rumah Singgah Sangalla Utara Kab. Tana Toraja.

Editor: Content Writer
DOK KEMENSOS
Kementrian Sosial bersama Sentra Wirajaya di Makassar saat mengadakan acara Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) di Rumah Singgah Sangalla Utara Kab. Tana Toraja. 

KEMENTERIAN Sosial bersama Sentra Wirajaya di Makassar mengadakan acara Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) di Rumah Singgah Sangalla Utara Kab. Tana Toraja.

Kegiatan bertajuk Pulih Bersama Generasi Sehat Jiwa, ini diikuti oleh 60 ODGJ dan para tamu undangan lainnya.

Kepala Sentra Wirajaya di Makassar, Heru Cahyono mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana secara terpusat di Sentra Pangudi Luhur Bekasi secara offline dan online (live streaming).

“Ini jadi kampanye peringatan HKJS 2022 di 10 Oktober 2022. Selain Kampanye yang dilakukan Kementerian Sosial juga berfokus pada isu stigmatisasi, diskriminasi dan pemasungan ODGJ,” kata Heru.

Heru melanjutkan, terpilihnya Rumah Singgah Sangalla Utara ini menjadi lokus kegiatan dikarenakan Kabupaten Tana Toraja meraih penghargaan kompetensi inovasi pelayanan publik tahun 2020.

Tentang Tana Toraja Bebas Pasung dan digagas pada tahun 2018.

Foto bersama di acara Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) di Rumah Singgah Sangalla Utara Kab. Tana Toraja. Kegiatan bertajuk Pulih Bersama Generasi Sehat Jiwa, ini diikuti oleh 60 ODGJ dan para tamu undangan lainnya.
Foto bersama di acara Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) di Rumah Singgah Sangalla Utara Kab. Tana Toraja. Kegiatan bertajuk Pulih Bersama Generasi Sehat Jiwa, ini diikuti oleh 60 ODGJ dan para tamu undangan lainnya. (DOK KEMENSOS)

“Sejalan dengan hal tersebut tentunya kami akan berupaya memberikan perhatian khusus terhadap para ODGJ yang mendapat perawatan di Rumah Singgah ini,” lanjut Heru.

Penanggungjawab kegiatan HKJS di Sentra Wirajaya Makassar, Muhammad Yusran menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini pihaknya akan menyalurkan beberapa bantuan.

Seperti Bantuan Atensi Pemenuhan Kebutuhan Dasar kepada Penyandang Disabilitas Mental yang menjalani perawatan di rumah singgah.

“Selain itu kami juga memberikan terapi psikososial dan juga pelatihan pembuatan manik untuk melatih motorik para ODGJ,” tutur Yusran.

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Tana Toraja, Alfrida Tabanga mengucapkan terima kasih kepada Sentra Wirajaya di Makassar.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya telah menjadikan rumah singgah sangalla utara menjadi lokus kegiatan HKJS 2022 dan bantuan Atensi yang disalurkan kepada warga kami".

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Sangalla Utara, Babinsa, Binmas, Dokter Pendamping, Tokoh Adat dan para relawan sosial di rumah singgah.(adv/rerifaabdurahman).

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved