Kementan

Lewat Program YESS, Kementan Fasilitasi Petani Milenial Pelatihan Startup di Maros

Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.

Editor: Hasriyani Latif
dok pribadi
YESS Kabupaten Maros menggelar pelatihan Startup di BPP Kecamatan Lau, Jl Poros Maros-Pangkep, Maccini Baji, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (20/9/2022). Pelatihan Startup diikuti oleh 25 peserta calon penerima manfaat (CPM) dan menghadirkan praktisi bisnis Ali Anwar selaku pemateri. 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Kabupaten Maros termasuk salah satu wilayah penerima manfaat program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Ditargetkan ribuan pemuda akan mengikuti pelatihan kewirausahaan dari program ini secara bertahap.

Pelatihan program YESS terbagi dalam empat jenis kegiatan, yakni workshop motivasi bisnis, proposal bisnis, literasi keuangan, dan start up.

Program YESS merupakan program Kementerian Pertanian RI bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) sejak 2019.

Tujuannya untuk melahirkan wirausahawan muda di bidang pertanian, menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian, serta regenerasi petani milenial.

BPPSDMP sebagai leading fasilitator petani milenial memang sangat gencar memfasilitasi penumbuhan wirausahawan muda di berbagai wilayah.

Hal tersebut sebagai upaya pengejawantahan instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang memerintahkan untuk terus memfasilitasi generasi muda pertanian.

Mentan SYL menuturkan Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.

"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, Alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini,” kata Mentan SYL via rilis yang diterima Tribun-Timur.com, Kamis (22/9/2022).

Sementara itu, Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS Kementan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved