Pemilu Raya

Ditolak Mantan Ketua RT/RW, Pemkot Pastikan Tak Ada Kecurangan Pemilu Raya E-Voting

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memastikan tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu Raya RT/RW secara elektronik voting (e-voting).

Penulis: Siti Aminah | Editor: Sukmawati Ibrahim
Tribun Timur
Kantor Balai Kota Makassar. Diketahui Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memastikan tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu Raya RT/RW secara elektronik voting (e-voting). Seperti yang didugakan pada mantan Ketua RT/RW di Makassar, Pemilu Raya dicurigai menimbulkan banyak masalah, termasuk kecurangan dalam proses pemilihan. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memastikan tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu Raya RT/RW secara elektronik voting (e-voting)

Seperti yang didugakan pada mantan Ketua RT/RW di Makassar, Pemilu Raya dicurigai menimbulkan banyak masalah, termasuk kecurangan dalam proses pemilihan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Makassar, Harun Rani mengatakan, ia menjamin tidak akan ada kecurangan dalam pemilihan ini.

Ia menyampaikan, sebelum menggandeng penyedia jasa pembuatan aplikasi, ia sudah mewanti-wanti terkait keamanan platform atau aplikasi yang akan digunakan dalam pemilihan.

"Kecurigaan mereka (mantan ketua RT/RW) memang harus diberi penjelasan, bahwa apa yang mereka khawatirkan tidak akan terjadi karena sudah ada antisipasi dari awal yang dilakukan," ucpanya kepada Tribun-Timur.com, Rabu (21/9/2022)

Ia pun meminta, seluruh masyarakat termasuk mantan Ketua RT/RW untuk melakukan pengawasan secara bersama pada saat berlangsungnya tahapan pemilihan.

Di samping itu, Pemkot Makassar juga menggandeng Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengawasi agenda ini.

"Kami sudah sowan dan menghadap ke Bawaslu dan KPU, mereka akan terlibat untuk mengawasi supaya tidak ada kecurangan," katanya.

Pertimbangan Pemkot Makassar untuk melakukan pemilihan secara e-voting karena bisa menghemat anggaran.

Dimana anggaran Pemilu Raya secara e-voting hanya Rp2,9 miliar.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved