Kanwil Kemenkumham Sulsel Langsungkan Diseminasi Layanan Administrasi Hukum Umum

Kanwil Kemenkumham Sulsel mengadakan Diseminasi Layanan Administrasi Hukum Umum Terkait Partai Politik di Wilayah Tahun Anggaran 2022 di Hotel Claro.

Editor: Content Writer
DOK YAKUNHAM
Foto bersama Diseminasi Layanan Administrasi Hukum Umum Terkait Partai Politik di Wilayah Tahun Anggaran 2022 di Hotel Claro Makassar Selasa (23/8/2022). 

KANTOR Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengadakan Diseminasi Layanan Administrasi Hukum Umum Terkait Partai Politik di Wilayah Tahun Anggaran 2022 di Hotel Claro Makassar Selasa (23/8/2022).

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan mewakili Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak ikut membuka kegiatan ini. 

Dalam sambutannya Ichwan menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk menyebarluaskan informasi tusi Kanwil terkait layanan administrasi hukum umum (AHU).

Sekaligus implementasi dari undang-undang nomor 2 tahun 2011 terkait perubahan atas undang-undang nomor 2 tahun 2008 mengenai partai politik.

Juga permenkumham nomor 34 tahun 2017 mengenai tata cara pendaftaran, pendirian badan hukum perubahan AD/ART dan kepengurusan partai politik.

Ichwan juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini selain menjadi media penyebarluasan informasi, namun dapat pula menjadi media edukasi.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan mewakili Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak ikut membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya Ichwan menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk menyebarluaskan informasi tusi Kanwil terkait layanan administrasi hukum umum (AHU).
Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan mewakili Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak ikut membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya Ichwan menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk menyebarluaskan informasi tusi Kanwil terkait layanan administrasi hukum umum (AHU). (DOK YAKUNHAM)

“Kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat terkait partai politik baru dalam menghadapi pemilu 2024," ucap Ichwan.

Ia juga melnjutkan bahwa dari data Bakesbangpol prov Sulsel, ada 11 Partai Politik baru di Sulsel.

Namun, hanya 6 parpol baru yang telah mengajukan dan meendapat surat keterangan terdaftar di kanwil Sulsel.

Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Mohammad Yani yang juga Ketua Panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari.

Diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari pengurus parpol, BIN Daerah, Kesbangpol, Akademisi dan Masyarakat Umum.

Narasumber kegiatan sendiri terdiri dari dua orang, pertama, Tihara Sito Analis Hukum pada Direktorat Jenderal AHU Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Dengan materi layanan pengadministrasian badan hukum partai politik.

Kedua dari narasumber Bakesbangpol Provinsi Sulsel yaitu Andi Besse Wana selaku Kepala Bidang Politik dalam Negeri Bakesbangpol Prov Sulsel dengan materi Eksistensi Partai Politik di Wilayah.(adv/rerifaabdurahman).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved