Adakan Pertemuan dengan Airlangga Hartarto, Prancis Siap Tumbuhkan Kerjama Strategi dengan Indonesia

Rachid Temal melangsungkan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (13/9/2022),

Editor: Content Writer
DOK MENKO AIRLANGGA
Senator Rachid Temal berjabat tangan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (13/9/2022). Senator Temal menjelaskan bahwa Prancis siap menumbuhkan kerja sama strategis dengan negara mitra di kawasan Indo-Pasifik, termasuk Indonesia. 

SENATOR Rachid Temal memimpin Delegasi Komisi Luar Negeri, Pertahanan dan Angkatan Bersenjata pada Senat Republik Prancis saat melangsungkan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (13/9/2022),

Senator Temal menjelaskan bahwa Prancis siap menumbuhkan kerja sama strategis dengan negara mitra di kawasan Indo-Pasifik, termasuk Indonesia.

“Kunjungan kami ke Indonesia kali ini bertujuan untuk melakukan studi atau kajian terkait Strategi Prancis di Kawasan Indo-Pasifik,” ujar Senator Temal

Pihaknya juga ingin membahas terkait hubungan antara kedua negara, dengan harapan dapat menumbuhkan kerja sama yang saat ini telah terjalin dengan baik.

Delegasi Senat Prancis ingin bertukar pandang membahas kawasan Indo-Pasifik dengan pihak Indonesia dimana posisinya sebagai Ketua ASEAN pada tahun 2023.

Pihak Prancis juga tertarik untuk mengetahui perihal pendekatan yang diambil oleh Indonesia di kawasan Indo-Pasifik.

Foto bersama saat Senator Rachid Temal memimpin Delegasi Komisi Luar Negeri, Pertahanan dan Angkatan Bersenjata pada Senat Republik Prancis saat melangsungkan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (13/9/2022).
Foto bersama saat Senator Rachid Temal memimpin Delegasi Komisi Luar Negeri, Pertahanan dan Angkatan Bersenjata pada Senat Republik Prancis saat melangsungkan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (13/9/2022). (DOK MENKO AIRLANGGA)

Juga bagaimana strategi untuk menjaga kawasan agar tetap inklusif dan dapat membuat rakyat sejahtera.

Menko Airlangga menaggapi hal tersebut dengan menjelaskan bahwa saat ini Indonesia sedang menjabat Presidensi pada G20.

Dimana terdapat 4 (empat) pilar penting dari Presidensi Indonesia di G20 yakni kesehatan global, transisi energi, transformasi digital dan ketahanan pangan.

Konsep Indo-Pasifik oleh Prancis mempunyai kemiripan dengan Indonesia, dimana Indonesia memandang kawasan tersebut baik dari sisi politik dan keamanan maupun sisi ekonomi.

Baca juga: Pimpin Apel Gabungan Pemkab Koltim, Plt Bupati Koltim Minta Pejabat dan ASN Saling jaga Silaturahmi

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved