Ribuan Mahasiswa Baru UT Makassar Langsungkan OSMB dengan Tekankan Proses Belajar Mandiri

1.614 mahasiswa baru (UT) Makassar akan melangsungkan masa Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) secara daring, Sabtu-Rabu (17-21/9/2022).

Editor: Content Writer
DOK UT
1.614 mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) Makassar akan melangsungkan masa Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) secara daring, Sabtu-Rabu (17-21/9/2022). 

SEJUMLAH 1.614 mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) Makassar akan melangsungkan masa Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) secara daring, Sabtu-Rabu (17-21/9/2022).

OSMB ini menjadi kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi, sementara terkhusus OSMB di UT ditekankan pada proses belajar mandiri.

Bertujuan untuk menyukseskan acara Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh ( LPKBJJ ), Universitas Terbuka ( UT ), Sabtu (17/9/2022).

Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar UT Makassar, Dra Hj Kusmaladewi, M.Pd mengatakan bahwa LPKBJJ - UT ini akan membekali mahasiswa dengan kemampuan khusus.

“Kemampuan ini dapat membuat mahasiswa mempunyai kesanggupan dan kesiapan untuk melangsungkan proses pembelajaran dengan sistem PJJ,” kata Kusmaladewi.

Kegiatan acara Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh juga dilaksanakan pula latihan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh ( PKBJJ ) secara tatap muka pada 24 September 2022.

Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar UT Makassar, Dra Hj Kusmaladewi, M.Pd mengatakan bahwa LPKBJJ - UT ini akan membekali mahasiswa dengan kemampuan khusus.
Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar UT Makassar, Dra Hj Kusmaladewi, M.Pd mengatakan bahwa LPKBJJ - UT ini akan membekali mahasiswa dengan kemampuan khusus. (DOK UT)

Dr Jalil, salah satu penanggungjawab bantuan belajar UPBJJ - UT Makassar mengatakan bahwa ada 18 titik lokasi di kabupaten kota sebagai tempat pelaksanaan pelatihan keterampilan BJJ.

“Sementara, jumlah mahasiswa per lokasi antara 30 orang hingga 70 orang mahasiswa," kata Dr Jalil.

Disisi lain Kumaladewi menjelaskan bahwa selain kegiatan tersebut, terlaksana pula Workshop Tugas dan Klinik Ujian.

“Workshop Tugas ini berlangsung secara tatap muka pada 25 September 2022, sementara kegiatan Klinik Ujian berlangsung pada 25 September 2022,” jelas Kumaladewi.

Kumaladewi juga membahas masalah kegiatan pelatihan keterampilan belajar jarak jauh  ( PKBJJ ) bagi mahasiswa baru.

Membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pengalaman belajar dan keterampilan belajar mandiri.

"Luaran dari PKBJJ diharapkan mahasiswa dapat memiliki kepercayaan diri dan keterampilan belajar mandiri agar berhasil dalam menyelesaikan studi di UT,” terang Kumaladewi.

Hal ini dapat dilakukan melalui keterampilan mengelola waktu, membaca efektif, dan memanfaatkan layanan UT Online dan berbagai sumber belajar termasuk tutorial online.(adv/rerifaabdurahman).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved