Opini Tribun Timur

Kita dan Sosial Media

Sosial Media adalah a unique and dynamic medium, menghubungkan manusia seluruh dunia tanpa batas, tanpa harus ketemu langsung.

Editor: Sudirman
DOK PRIBADI
Muh Zulkifli Mochtar 

Muh Zulkifli Mochtar

Doktor alumni Jepang bermukim di Tokyo

Sosial Media adalah a unique and dynamic medium, menghubungkan manusia seluruh dunia tanpa batas, tanpa harus ketemu langsung.

Telah sangat mempengaruhi kehidupan, hingga sudah sulit membayangkan sehari hari tanpa medium ini.

Ada lima milyar orang didunia saat ini menggunakan internet, menurut Kompas awal September lalu yang menurunkan tulisan tentang 10 negara yang kecanduan internet dan sosial media, berdasar laporan perusahaan We Are Social dan Hootsuite.

92,4 persen menggunakan ponsel untuk online. Laporan menunjukkan, internet user menghabiskan rata rata 6 jam 53 menit untuk melakukan online setiap hari. Tiga dari lima pengguna internet beralasan menggunakannya untuk pencarian informasi.

Yang menariknya, Filipina terpantau sebagai negara yang paling kecanduan internet di dunia, rata rata menghabiskan 10 jam 23 menit per harinya.

Bayangkan hampir setengah kehidupan sehari hari tergunakan untuk online. Afrika Selatan, Brazil, Argentina, Thailand, Meksiko juga masuk di jajaran 10 negara mengakses internet terpanjang sekitar 8-9 jam perhari.

Negara ekonomi terbesar ketiga dunia Jepang ternyata hanya mengakses 4 jam 3 menit perhari. Dibawah rata rata, dan tergolong rendah dibanding negara lain.

Dari sudut media sosial, ada sekitar 4,6 milliar penggunanya saat ini. Ternyata, pengguna medsos menghabiskan rata rata 2 jam 29 menit perhari.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved