UNM Kembali Adakan Seleksi Mahasiswa PPG Gelombang 2, Yuk Simak Syarat dan Cara Daftarnya!

Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengadakan seleksi calon Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022.

Editor: Content Writer
DOK UNM
Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng. 

DIREKTORAT Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( Ditjen GTK ), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali mengajak putra dan putri terbaik bangsa yang punya minat dan bakat menjadi guru untuk mengikuti seleksi calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022.

Rektor Universitas Negeri Makassar ( UNM ), Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng menyebutkan syarat dan ketentuan untuk menjadi calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022.

Berikut syarat dan ketentuan untuk calon Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Tidak terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah pada Data Pokok Pendidik (Dapodik) dan simpatika, berusia paling tinggi 32 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran.

3. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri.

4. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol).

Prof Husain Syam membeberkan bahwa kuota nasional Program PPG Prajabatan Tahun 2022 sebanyak 40.000 mahasiswa.

Ia juga menyebutkan bidang studi PPG Prajabatan yang dibuka pada gelombang 2.

“Guru Kelas SD, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn), Sejarah, Ekonomi, Biologi, Kimia, Fisika, Geografi, Sosiologi, Bimbingan Konseling dan Seni Budaya,” jelas Prof Husain.

Perkuliahan PPG Prajabatan akan diadakan selama dua semester dengan biaya pendidikan untuk setiap semester hingga Rp8,5 juta.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 202.

Mereka akan memperoleh beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan hingga Rp17 juta untuk mengikuti perkuliahan selama dua semester.

Untuk tahapan seleksinya, ada tiga tahapan yang akan dilakukan, yaitu tahap I seleksi administrasi untuk menyeleksi berkas dan persyaratan administrasi.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved