Pendaftaran Maba UMI Program Magister dan Doktor Dibuka Sampai 31 Juli 2022

Pascasarjana UMI memiliki 16 program studi, terdiri dari 12 program magister dan 4 program doktor.

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Waode Nurmin
Dokumentasi
Direktur Pascasarjana UMI, Prof Sufirman Rahman (tengah) berfoto bersama dengan para asisten direktur di gedung Pascasarjana UMI, Jl Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Senin (18/7/2022) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Program Pascasarjana (PPs) Universitas Muslim Indonesia (UMI) membuka pendaftaran mahasiswa baru (maba) gelombang kedua.

Pendaftaran maba program magister dan doktor ini berlangsung dari 18 hingga 31 Juli 2022.

Direktur Pascasarjana UMI, Prof Sufirman Rahman menjelaskan, pembukaan pendaftaran gelombang kedua dilakukan karena minat kuliah di Pascasarjana UMI terbilang tinggi.

“Permintaan masyarakat tinggi melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di UMI. UMI milik umat, tidak seperti PTS lain,” kata Prof Sufirman, Senin (18/7/2022).

“Mahasiswa kita sangat heterogen, kurang lebih 25 persen dari agama lain. Kita masih memberi kesempatan masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa S2 dan S3 UMI,” sambungnya.

Pascasarjana UMI memiliki 16 program studi, terdiri dari 12 program magister dan 4 program doktor.

Program magister meliputi magister manajemen, magister ilmu hukum, magister pendidikan agama islam, magister akuntansi, magister ilmu ekonomi, magister manajemen pesisir dan kelautan.

Kemudian teknik kimia, magister agroteknologi, magister teknik sipil, magister kesehatan masyarakat, magister teknik mesin, magister farmasi.

Untuk program doktor terdiri dari doktor ilmu manajemen, doktor ilmu hukum, doktor manajemen pendidikan islam, doktor ilmu perikanan.

Sama dengan pendaftaran gelombong pertama, proses tes gelombang kedua meliputi ujian potensi akademik dan tes bahasa Inggris (toefl).

Proses seleksi maba pascasarjana UMI gelombang pertama sendiri diikuti oleh 400 orang.

“Kalau kuotanya fleksibel, kita menerima mahasiswa tidak terjebak pada kuantitas. Yang penting, input dan output seimbang. Kuota tergantung hasil tesnya,” kata Prof Sufirman.

Sebelumnya, Pascasarjana UMI telah melakukan ujian masuk untuk pendaftaran maba program magister dan dokter UMI gelombang pertama, Sabtu (16/7/2022) lalu.

Lebih lanjut, Prof Sufirman menyebut bahwa terdapat diskon BPP 50 persen bagi alumni UMI yang berprestasi.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved