Opini Firdaus Muhammad

Annangguru Edda

Annanguru Edda memiliki nama asli Hudaedah. Ia ulama perempuan yang menghabiskan sebagian besar usianya semata mengajar kitab kuning di rumah wakaf.

Tribun Timur
Firdaus Muhammad (Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar dan Ketua Komisi Dakwah MUI Sulsel) 

Oleh: Firdaus Muhammad
Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin dan
Ketua Komisi Infokom MUI Sulsel

TRIBUN-TIMUR.COM - Annanguru Edda memiliki nama asli Hudaedah.

Masyarakat di Bonde Campalagian lebih akrab memanggilnya Annangguru Edda.

Beliau adalah ulama perempuan yang menghabiskan sebagian besar usianya semata mengajar kitab kuning di rumah wakaf yang didiaminya.

Para santrinya berganti satu angkatan ke angkatan berikutnya selama puluhan tahun.

Penulis pernah berkunjung di kediaman tempat beliau memberi pengajian dan sejumlah kitab yang beliau ajarkan tersimpan rapih.

Annangguru Edda dilahirkan tahun 1945 dan wafat pada 7 Desember 2017 dimakamkan di Bonde Campalagian, sekira dua puluh meter dari kediamannya, tepat di pemakaman umum di Campalagian, tidak jauh dari makam AGH. Maddeppungeng.

Annangguru Edda sejatinya hanya melanjutkan tradisi pengajian kitab kuning yang dilakukan ulama-ulama sebelumnya.

Beliau tinggal di rumah wakaf yang ditempati para santri dari berbagai daerah, rumah yang diwakafkan Annangguru Abba Amir.

Dalam penelitian Syarifuddin (2020) yang dinarasikan berbentuk kisah-kisah itu berjudul; Barakka Annangguru Edda: Meraih Berkah dari Ulama Perempuan Tanah Mandar yang dimuat dalam buku To Panrita: Kisah-kisah Hikmah Para Ulama diterbitkan Balitbang Agama Makassar tahun 2020. Syarifuddin uraikan, tradisi pengajian kitab di Campalagian dilakukan dari generasi ke generasi misalnya dari AGH Abdul Hamid qadhi Campalagian kemudian dilanjutkan oleh menantunya AGH Madeppungeng, diwarisi AGH Muh Zein hingga ke Anannnguru Edda hingga beliau wafat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved