Kader PDIP Bocorkan Rencana Jokowi dan Megawati Jelang Penunjukan Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo

Sosok calon yang disebut bakal jabat Menpan RB yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo ada yang sedang menjabat sebagai kepala daerah dan mantan pejabat.

Editor: Ansar
Kolase TribunTimur.com
Ketua Umum PDIP Megawati dan Presiden Jokowi. Untuk menentukan siapa yang akan dipilih jadi MenpanRB pengganti Tjahjo Kumolo, Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati segera membahasnya. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Mengenal empat calon pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Sosok calon yang disebut bakal jabat Menpan RB yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo ada yang sedang menjabat sebagai kepala daerah dan mantan pejabat.

Namun untuk menentukan siapa yang akan dipilih jadi MenpanRB, Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati segera membahasnya.

MenpanRB kini dijabat sementara oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud MD ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menpan-RB ad interim setelah Tjahjo Kumolomeninggal pada Jumat (1/7/2022).

Tjahjo Kumolo wafat setelah menjalani perawatan intensif selama dua minggu di RS Abdil Waluyo, Menteng, Jakarta.

Siapa yang akan menempati jabatan Menteri PANRB sepeninggal Tjahjo Kumolo?

Politisi PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan, bahwa kewenangan yang akan menempati posisi Menteri PANRB kini ada di tangan Presiden Jokowi.

Namun, dia menyebut bahwa posisi itu akan diisi dari kalangan PDIP.

"Itu kewenangan ada di Presiden," kata Andreas kepada Tribun Network, Sabtu (2/7/2022).

Andreas juga tak mau berspekulasi soal nama yang akan ditempatkan di posisi Menteri PAN-RB.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP ini menyebut, hal itu akan dibicarkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Jokowi.

"Kalau itu, nanti pembicaraan ketum dengan Presiden," jelasnya.

Andreas juga mengungkapkan, sangat kehilangan sosok Tjahjo Kumolo. Dia bahkan menyebut, Tjahjo sebagai sosok politikus sejati yang berjuang dari bawah.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved