Ngobrol Sehat

Mengenal Teknik 20-20-20, Cegah Mata Minus Akibat Penggunaan Gadget Berlebihan

Penggunaan gedget ini berhubungan dengan penglihatan jarak dekat, jika berlebihan ini bisa meningkatkan risiko mata minus.

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Hasriyani Latif
Tangkapan layar youtube Tribun Timur
Dokter Spesial Mata JEC ORBITA, dr Muhammad Irfan dalam program Ngobrol Sehat bersama Tribun, Kamis (23/6/2022). dr Irfan berbagi tips agar terhindar dari mata minus meski harus berhadapan dengan gadget. 

TRIBUNTIMUR.COM, MAKASSAR - Penggunaan gedget yang sangat meningkat utamanya pada saat pandemi covid-19 menjadi salah satu faktor potensial yang menyebabkan mata minus.

Dokter Spesial Mata JEC ORBITA, dr Muhammad Irfan mengatakan hal tersebut memang menjadi momok menakutkan belakangan ini.

"Secara nyata kasus mata minus pun semakin bertambah. Penggunaan gedget ini berhubungan dengan penglihatan jarak dekat, jika berlebihan ini bisa meningkatkan risiko mata minus," kata dr Muhammad Irfan dalam program Ngobrol Sehat bersama Tribun, Kamis (23/6/2022).

Dalam kesempatan itu, dr Irfan pun berbagi tips agar terhindar dari mata minus meski harus berhadapan dengan gadget.

Ia mengatakan, sebaiknya tidak menggunakan gadget atau melihat secara dekat lebih dari dua jam.

"Tapi kalau memang kondisinya mengharuskan kita untuk terus berhadapan dengan gadget, kita bisa melakukan 20-20-20 rule," sebutnya.

Ia menjelaskan teknik 20-20-20 artinya setiap 20 menit melihat dekat, mata harus diistirahatkan selama 20 detik untuk melihat benda yang berjarak 20 kaki atau 6 meter.

"Ini bisa diakali di rumah atau di tempat kerja. Jika ruangannya tidak cukup jauh, namun kita harus bekerja dekat dengan gadget kita bisa duduk dekat jendela. Jadi kita bisa melihat keluar," ungkapnya.

Namun kalau waktunya sudah dua jam, kata dia, disarankan untuk beristirahat selam 20 menit.

"Kita bisa melakukan berbagai hal, coffee break atau snack time misalnya," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved