Pajak

Bupati Luwu Minta Pajak Sarang Burung Walet Ditingkatkan

Agenda paripurna adalah memberikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Muh. Irham
Kominfo Luwu
Bupati Luwu, Basmin Mattayang. 

Belopa, Tribun - Bupati Luwu, Basmin Mattayang menghadiri rapat paripurna di ruang sidang paripurna Kantor DPRD Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Rabu (15/6/2022).

Agenda paripurna adalah memberikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD. Atas Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Luwu tahun anggaran 2021.

Serta Ranperda Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Luwu Nomor 7 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Basmin mengatakan, Luwu telah meraih opini WTP yang ketujuh kalinya atas LKPD tahun anggaran 2021.

"Kepada pimpinan dan anggota DPRD Luwu kami ucapkan terima kasih atas perhargaan dan apresiasi yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Luwu," kata Basmin.

Basmin lalu menjawab pandangan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mempertanyakan tentang status seni dan budaya.

Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setelah urusan bidang kebudayaan dipindahkan ke Dinas Pariwisata.

"Terhadap hal tersebut maka dengan sendirinya beralih mengikuti bidang kebudayaan yang dipindahkan ke Dinas Pariwisata," katanya.

"Dan terhadap usulan agar urusan ekonomi kreatif pada Dinas Pariwisata agar digabung menjadi satu bidang dengan urusan kebudayaan, maka terhadap hal tersebut dapat dipertimbangkan dan dibahas lebih lanjut," kata Basmin.

Terkait dengan pertanyaan dari Fraksi Partai Demokrat yang meminta penjelasan tentang potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang perlu ditingkatkan.

Bupati menjelaskan bahwa ada beberapa potensi PAD yang dapat ditingkatkan terutama dari sektor pajak.

"Potensi PAD dari sektor pajak antara lain pajak bumi dan bangunan, pajak BPHTB, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak sarang burung walet serta retribusi persetujuan bangunan gedung," jelasnya.

Dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) yang mempertanyakan pencapaian realisasi dalam Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021.

PAD yang ditargetkan, kata Basmin hanya Rp 118,76 miliar lebih.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved