Kesehatan

Dokter: Jika Gejala Ini Anda Rasakan Selama 20 Menit, Bisa Jadi Anda Terkena Serangan Jantung

Penyakit jantung sebenarnya bisa dideteksi sejak awal. Hal itu bisa dilihat dari gejala-gejala yang dirasakan oleh penderita.

Editor: Muh. Irham
KLIK DOKTER
Ilustrasi serangan jantung. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Penyakit serangan jantung biasa dialami siapa saja, tua dan muda, laki-laki atau perempuan.

Penyakit jantung sebenarnya bisa dideteksi sejak awal. Hal itu bisa dilihat dari gejala-gejala yang dirasakan oleh penderita.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Airlangga dr. Hendri Susilo, ada beberapa pendekatan umum untuk mendiagnosis pasien dengan serangan jantung.

“Ketika mendapatkan kondisi pasien dengan keluhan nyeri dada yang tidak stabil, kualitas nyeri skala 7 dari 10, menjalar ke lengan kiri dan punggung, sedangkan pemeriksaan tanda-tanda vital dan fisik normal, hal itu bisa menjadi ciri-ciri serangan jantung,” jelas dr Hendri seperti dikutip dari situs Universitas Airlangga (Unair).

Dokter Hendri menjelaskan bahwa ada perbedaan keluhan serangan jantung pada pasien perempuan dan laki-laki.

Menurutnya, tanda-tanda serangan jantung pada perempuan tidak terlihat jelas dan ada yang mengeluh nyeri di bagian lengan. 

“Sedangkan ciri-ciri pada pasien laki-laki biasanya lebih khas dan jelas, seperti merasakan tekanan pada dada, sesak, punggung sakit, dan kelelahan,” jelasnya.

Gejala-gejala umum serangan jantung

Keluhan nyeri dada yang dirasakan pasien serangan jantung biasanya dideskripsikan sebagai nyeri dengan perasaan seperti dijepit, diikat tali, atau ditindih pada bagian dada.

“Jika pasien sudah mengeluh demikian, harus lebih waspada karena itu termasuk tanda serangan jantung,” ungkap dr Hendri.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved