Kesehatan

5 Tips Menjaga Kesehatan Vagina Agar tidak Bau

Miss V atau vagina adalah organ pentig bagi seorang wanita. Oleh karena itu, organ yang satu ini harus benar-benar dirawat dan dijaga kebersihannya.

Editor: Muh. Irham
Internet
Miss V 

TRIBUN-TIMUR.COM - Miss V atau vagina adalah organ pentig bagi seorang wanita. Oleh karena itu, organ yang satu ini harus benar-benar dirawat dan dijaga kebersihannya.

Ada beberapa tips menjaga kesehatan Miss V, agar sehat dan tidak bau. 

Menjaga Miss V dengan beragam perawatan akan sangat baik untuk mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan di area tersebut, seperti infeksi, keputihan dan juga aroma tidak sedap yang bisa sangat mengganggu.

Tidak hanya itu, jika tidak dirawat dengan baik, masalah atau penyakit pada vagina bisa saja merambat ke organ reproduksi lainnya.

Untuk itu, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di IORA Dermatology Clinic, dr Edwin Tanihaha SpKK MHKes FKCCS mengatakan, sangat penting sekali wanita menjaga kesehatan Miss V dengan berbagai tindakan. Di antaranya sebagai berikut.

1. Mandi 2 kali sehari

Kebiasaan buruk pertama yang bisa memicu vagina berbau busuk yaitu tidak menjaga kebersihan, seperti mandi.

“Hygiennya kurang, sering skip mandi,” kata Edwin kepada Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Saat seseorang jarang mandi, tubuh terutama kulit bisa jadi ladang infeksi bagi banyak patogenesis berupa kuman, bakteri, maupun jamur.

Termasuk pada bagian Miss V yakni organ vagina wanita, yang mungkin bisa saja lembab karena keringat dan kotoran yang dibawa oleh keringat itu tidak kunjung dibersihkan secara menyeluruh karena kebiasaan jarang mandi ini.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved