ADWI 2022

Mengintip Kampung Wisata Campaga Bantaeng, Satu dari Empat di Sulsel Lolos 50 Besar ADWI 2022

Salah satunya adalah Kampung Wisata Campaga, di Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penulis: Firki Arisandi | Editor: Sukmawati Ibrahim
Tribun Timur
Pengunjung berselfie di air terjun Simoko, di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) 

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Sebanyak empat desa atau kelurahan di Sulawesi Selatan (Sulsel) lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI).

Salah satunya adalah Kampung Wisata Campaga, di Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kabar tersebut dibenarkan Kadis Pariwisata Bantaeng, Harmoni, Jumat (29/4/2022).

Ia menjelaskan, ADWI ini merupakan salah satu program prioritas Kemenparekraf dalam mendorong pengembangan desa wisata di seluruh Indonesia.

Dalam perhelatan ADWI 2022, Kabupaten Bantaeng mengikutkan 42 desa atau kelurahan yang memiliki potensi pariwisata sebagai peserta.

Setelah melalui kurasi oleh tim penilai dari Kemenparekraf, Desa Wisata Campaga berhasil lolos mulai dari 500 besar, 300 besar, 100 besar hingga terakhir 50 terbaik desa wisata tingkat nasional.

"Dalam ADWI 2022 ini terdapat beberapa peningkatan capaian dari Kabupaten Bantaeng dibandingkan tahun sebelumnya," beber Harmoni.

"Tahun 2021, Kabupaten Bantaeng hanya berhasil mendorong dua desa atau kelurahan sebagai peserta desa wisata," tambahnya.

Dan salah satu diantaranya, lanjut dia, yakni Desa Bonto Lojong berhasil masuk 100 besar Nasional.

Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Pariwisata memang telah menjadikan desa wisata sebagai salah satu prioritas dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Bantaeng.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved