Rektor UNM Harap Pengukuhan Profesor Sjarifuddin Hasan Mampu Majukan Kualitas SDM Unggul di UNM

Sjarifuddin Hasan pernah dianugerahkan bintang jasa tertinggi, Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono

Editor: Waode Nurmin
Dokumentasi
Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi mengukuhkan Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan, M.M., M.B.A sebagai guru besar Bidang Ilmu Strategi Manajemen Koperasi dan UMKM. 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi mengukuhkan Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan, M.M., M.B.A sebagai guru besar Bidang Ilmu Strategi Manajemen Koperasi dan UMKM.

Pengukuhan Prof Sjarifuddin dilaksanakan di Ballroom Teather Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jalan AP Pettarani Makassar, Kamis 31 Maret 2022.

Sjarifuddin Hasan yang merupakan Wakil Ketua MPR RI dikukuhkan langsung oleh Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP.,IPU, ASEAN Eng sebagai guru besar tidak tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) UNM.

Dalam perjalanan hidupnya, Sjarifuddin Hasan pernah dianugerahkan bintang jasa tertinggi, Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada Agustus 2014 atas jasanya kepada bangsa dan negara terkait ekonomi Pancasila.

Dalam pidato pengukuhannya yang berjudul "Ekonomi Pancasila dan Implementasi Manajemen Administrasi Bisnis, Strategi Koperasi dan UMKM", Sjarifuddin membahas hukum ekonomi untuk menstabilkan kepentingan intervensi pasar.

"Tujuan dari ekonomi Pancasila bertujuan untuk membangun ekonomi yang adil dan merata. Untuk itu setiap penguasa dibutuhkan keberpihakan untuk mendorong agar lebih efektif dan produktif secara maksimal," ujarnya.

Sementara dari segi Koperasi dan UMKM, faktor utama dalam menghadapi dan mencapai tujuan adalah dengan mendorong koperasi agar selalu melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sesuai AD/RT Koperasi.

"Langkah ini sekaligus untuk meningkatkan kualitas koperasi dan mengkampanyekan gerakan masyarakat sadar koperasi. Respon masyarakat sangat tinggi khususnya dari komunitas wanita dan penggiat koperasi wanita yang tersebar di seluruh Indonesia," jelas Politisi kelahiran Palopo 17 Juni 1949 itu.

Pada kesempatan itu, Rektor UNM memberikan sambutannya. Ia menyampaikan bahwa guru besar merupakan sebuah amanah, bukan sekadar gelar tertinggi dalam dunia pendidikan.

“Ini adalah tugas yang berat Prof Sjarifuddin Hasan, karena guru besar merupakan profesi yang harus bisa memberikan keteladanan. Tapi saya percaya beliau adalah sosok luar biasa dan tangguh," ucap Prof Husain Syam.

Menurutnya, dalam pidato Prof Sjarifuddin Hasan juga sudah menunjukkan sebagai guru besar yang handal dan profesional, karena struktur bahasa dan gesturnya sangat bagus.

Rektor juga menegaskan bahwa UNM sangat mendukung peran aktif ilmu pengetahuan. Hal itu, jelasnya, bertujuan agar pengembangan ilmu pengetahuan bisa sampai pada nilai yang sesungguhnya.

"Tentu harapan kami kepada Prof Sjarifuddin Hasan agar seluruh ide dan buah pikiran cemerlangnya bisa setiap saat disumbangkan kepada UNM dalam memajukan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia," cetus Guru besar di bidang pertanian ini.

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved