Kemenkumham Sulsel

Pelaku Industri Kreatif di Kota Parepare Bisa Daftarkan Hak Cipta Produknya Kurang dari 10 Menit

Promosi ini bertujuan mendorong pelaku industri kreatif di Kota Parepare untuk mendaftarkan hak cipta produknya sebagai bentuk perlindungan hukum.

Kemenkumham Sulsel
Kunjungan Kemenkumham Sulsel dalam rangka promosi dan diseminasi hak cipta sebagai tindak lanjut pencanangan tahun 2022 sebagai tahun hak cipta. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam hal ini Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Mohammad Yani lakukan kunjungan ke Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) dan Bagian Hukum Pemerintah Kota Parepare.

Kunjungan tersebut dalam rangka promosi dan diseminasi hak cipta sebagai tindak lanjut pencanangan tahun 2022 sebagai tahun hak cipta.

Mohammad Yani dan tim bertemu dengan Sekretaris DISPORAPAR Kota Parepare, Andi Bau Rahmah dan Andi Fardani selaku Kepala Seksi Pemasaran dan Analisa Pasar Wisata, Kamis (27/01/22).

Pada kesempatan tersebut, Yani mempromosikan inovasi terbaru dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), yakni POP HC atau Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta yang mampu menyingkat permohonan hak cipta hingga kurang lebih 10 menit saja.

"Promosi dan diseminasi ini bertujuan untuk mendorong pelaku industri kreatif yang ada di Kota Parepare untuk mendaftarkan hak cipta produknya sebagai bentuk perlindungan hukum atas hasil ciptaan atau kreasinya. Produk itu bisa berupa aplikasi, software, games, tari kreasi, dan lain lain," Kata Yani.

Promosi dan diseminasi ini bertujuan mendorong pelaku industri kreatif di Kota Parepare untuk mendaftarkan hak cipta produknya.
Promosi dan diseminasi ini bertujuan mendorong pelaku industri kreatif di Kota Parepare untuk mendaftarkan hak cipta produknya. (Kemenkumham Sulsel)

Andi Bau Rahmah mengungkapkan pelaku industri kreatif didominasi oleh anak anak muda, beberapa karya telah mereka ciptakan namun belum dilakukan pendaftaran hak cipta.

Dengan adanya promosi dan diseminasi yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Sulsel, kedepannya DISPORAPAR akan mendorong para pelaku industri kreatif ini agar mencatatkan hak cipta produknya.

Selanjutnya, tim Kanwil Kemenkumham Sulsel berkunjung ke Pemerintah Kota Parepare tepatnya pada Bagian Hukum.

Tim berkoordinasi langsung dengan Kepala Bagian Hukum, Nurwana dan Analis Hukum Muda Pemkot Parepare, Andi Yulianto.

Kunjungan ini membahas rencana pembuatan MoU kerjasama antara Kanwil Kemenkumham Sulsel dengan Pemerintah Kota Parepare di bidang kekayaan intelektual.

Dengan adanya MoU ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap perlindungan hukum atas potensi KI di Kota Parepare serta mampu mendorong para pelaku industri kreatif di Kota Parepare untuk melakukan inovasi.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved