Breaking News:

Tribun Kampus

114 Program Studi Unhas Terakreditasi A, 60 Sisanya Kapan?

Sepanjang tahun 2021, Universitas Hasanuddin (Unhas) mengajukan 59 program studi (prodi) untuk mengikuti proses akreditasi nasional.

Penulis: Rudi Salam | Editor: Sukmawati Ibrahim
Rudi Salam/ Tribun Timur
Suasana depan kampus Unhas Selas (4/1/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sepanjang tahun 2021, Universitas Hasanuddin (Unhas) mengajukan 59 program studi (prodi) untuk mengikuti proses akreditasi nasional.

Baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) maupun Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPT-Kes). 

Proses akreditasi yang dilakukan meliputi asesmen lapangan, perpanjangan, dan konversi. 

Pelaksanaan asesmen lapangan oleh BAN-PT dan LAMPT-Kes hampir semuanya dilakukan secara daring.

Kecuali beberapa prodi di rumpun Ilmu Kesehatan yang dilakukan secara luring, karena kondisi pada akhir tahun 2021 yang sudah memungkinkan dilakukan secara langsung. 

Dari jumlah 59 prodi tersebut, terdiri atas: 25 prodi S1, 19 prodi S2, 10 prodi S3, 3 prodi profesi, dan 2 prodi spesialis. 

Dari jumlah ini, sebanyak 21 prodi merupakan prodi baru yang mengajukan akreditasi pertama kali.

Kemudian 1 prodi mengajukan peningkatan status akreditasi, 5 prodi mengajukan perpanjangan, dan 32 prodi mengajukan konversi ke Unggul.

Khusus untuk yang mengajukan konversi ke Unggul, seluruhnya berhasil memperoleh status Unggul, dengan rincian 19 prodi S1, 9 prodi S2, 3 prodi S3, dan 1 prodi spesialis (meningkat dari akreditasi B ke Unggul).

Dari seluruh prodi yang diajukan tersebut juga tercatat 5 prodi memperoleh akreditasi A, yaitu 1 prodi S1 (meningkat dari B ke A) dan masing-masing 2 prodi S1 dan 2 prodi S2 memperoleh perpanjangan status akreditasi A. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved