Breaking News:

Apa itu Penyakit Infeksi Tropis? Dosen FK UMI Ajak Warga Sanrobone Takalar Kenali dan Deteksi Dini

Dua dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia memberikan pemahaman tentang pencegahan dan deteksi dini ke masyarakat

Editor: Alfian
Fakultas Kedokteran UMI
Dosen UMI bersama warga Desa Sanrobone Takalar berfoto bersama usai sosialisasi pengenalan dan pencegahan penyakit infeksi tropis, Kamis (9/12/2021) lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Penyakit infeksi tropis mungkin awam didengar oleh masyarakat secara luas.

Tetapi penyakit infeksi tropis ini nyatanya menjadi penyakit yang setiap saat hadir dan menyerang manusia.

Utamanya yang berada di wilayah beriklim tropis, termasuk Indonesia.

Diantaranya yakni Penyakit diare, demam tifoid, demam berdarah, infeksi saluran pernapasan atas (influenza, radang amandel, radang tenggorokan), radang paru-paru, dan demam.

Meski menjadi penyakit yang umum terjadi di Indonesia namun infeksi tropis ini tak begitu diketahui cara deteksi hingga penanganannya oleh warga.

Atas dasar inilah dua Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, dr. Rasfayanah,M.Kes dan Dr.dr.Hasta Handayani Idrus, M. Kes menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Pemula.

PkM ini diselengarakan di Desa Sanrobone, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Kamis (9/12/2021).

"Kenapa kami memilih di Desa Sanrobone, karena wilayah ini merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki tingkat penyakit infeksi tropis yang tinggi," ucap dr. Rasfayanah,M.Kes selaku Ketua tim PkM ini.

Ia menambahkan, dari informasi yang diperoleh beberapa warga masih sangat minim pengetahuan mengenai penyakit-penyakit infeksi tropis. Sehingga PkM ini pun disambut baik masyarakat.

Untuk mencapai tujuan dari PkM dr Hasta yang juga terlibat sebagai anggota menyebut pihaknya melibatkan sejumlah unsur sebagai peserta sosialisasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved