Breaking News:

Presiden Jokowi

Trending Topic Twitter, Presiden Jokowi Bicara Mobil Listrik, Netizen: Esemka Dimana Pak?

Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi ) di lini masa sosial media Instagram-nya terkait target Indonesia yang bakal memproduksi mobil listrik

instagram @jokowi
Unggahan Presiden Jokowi saat berkunjung di arena pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show di BSD City, Kabupaten Tangerang belum lama ini. Ia sempat menjajal salah satu mobil listrik, Mitsubishi Minicab Miev. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tagar #Esemka jadi trending topic Indonesia di lini masa sosial media Twitter, Rabu (24/11/2021).

Ada apa gerangan PT Solo Manufaktur Kreasi, juga dikenal sebagai Esemka? Sebuah perusahaan otomotif Indonesia yang berbasis di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia itu?

Ternyata, netizen membahas terkait pernyataan Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi ) di lini masa sosial media Instagram-nya terkait target Indonesia yang bakal memproduksi mobil listrik dalam tiga hingga empat tahun mendatang.

Pernyataan Jokowi itu mendapat respons dari Netizen. Kebanyakan mengungkit program mobil Esemka yang pernah digaungkan Jokowi sejak menjabat Wali Kota Solo.

Seperti pemilik akun @Adhek_Byt yang menyinggung terkait inden 6 ribu unit mobil Esemka

Komentar netizen terkait pernyataan Presiden Jokowi akan mobil listrik. Kebanyakan netizen yang mengungkit kembali program mobil Esemka yang pernah digaungkan Jokowi sejak menjabat Wali Kota Solo.
Komentar netizen terkait pernyataan Presiden Jokowi akan mobil listrik. Kebanyakan netizen yang mengungkit kembali program mobil Esemka yang pernah digaungkan Jokowi sejak menjabat Wali Kota Solo. (instagram @Adhek_Byt)

Baca juga: Masih Ingat Mobil Esemka Ini? Jokowi Berjongkok Pegang Pelat Merah saat Wali Kota Solo/Surakarta

Juga pemilik akun @Cpt28_ yang meminta Presiden Jokowi untuk menyelesaikan inden 6 ribu unit mobil Esemka dulu.

Komentar netizen terkait pernyataan Presiden Jokowi akan mobil listrik. Kebanyakan netizen yang mengungkit kembali program mobil Esemka yang pernah digaungkan Jokowi sejak menjabat Wali Kota Solo.
Komentar netizen terkait pernyataan Presiden Jokowi akan mobil listrik. Kebanyakan netizen yang mengungkit kembali program mobil Esemka yang pernah digaungkan Jokowi sejak menjabat Wali Kota Solo. (instaram @Cpt28_)

Baca juga: Rela Habiskan Ratusan Juta untuk Latar OOTD, Intip Rumah Artis Cantik Titi Kamal & Christian Sugiono

Dorong Mobil Ramah Lingkungan

Pekan lalu, tepatnya di pameran otomotif GIIAS 2021, Presiden Joko Widodo memberikan dukungan kepada para Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan untuk terus membangun ekosistem kendaraan ramah lingkungan.

"Saya menyampaikan pentingnya membangun ekosistem untuk mobil yang ramah terhadap lingkungan. Mobil yang rendah emisinya, oleh sebab itu kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tapi sekali lagi, semuanya harus ramah lingkungan," terang Jokowi di GIIAS 2021, Rabu (24/11/2021).

Mendapat dukungan dari Presiden, Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto, menyambut gembira hal tersebut.

Toyota Luncurkan Avanza dan Veloz Terbaru—President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata (kedua kiri) bersama Vice President Director TAM Henry Tanoto (kedua kanan), Director TAM Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Kazunori Minamide (kiri), serta Executive Chief Engineer New Avanza & New Veloz Kazutoshi Sakamoto (tengah) pada peluncuran New Avanza dan New Veloz, di Jakarta, Selasa (15/1).
Toyota Luncurkan Avanza dan Veloz Terbaru—President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata (kedua kiri) bersama Vice President Director TAM Henry Tanoto (kedua kanan), Director TAM Anton Jimmi Suwandy (kanan) dan Kazunori Minamide (kiri), serta Executive Chief Engineer New Avanza & New Veloz Kazutoshi Sakamoto (tengah) pada peluncuran New Avanza dan New Veloz, di Jakarta, Selasa (15/1). (dok pt toyota astra motor)

Baca juga: Sore Ini, Kalla Toyota Bahas Fitur Canggih All New Avanza & All New Veloz

"Kita pasti gembira sebagai pelaku pasar, karena dari pemerintah terus support elektrifikasi yang tidak hanya BEV saja, tetapi teknologi lain seperti plug in hybrid dan hybrid. Kita juga memang berkomitmen untuk menyupport pemerintah, terutama dalam bagaimana mereduce emisi secepat mungkin. Kita sangat gembira dan kita memang perlu support dari pemerintah di area elektrifikasi," tutur Henry saat ditemui di pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS), Puspitek, Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (22/11/2021).

Mengakselerasi dukungan Presiden untuk segera menciptakan kendaraan-kendaraan ramah lingkungan, Toyota telah berkomitmen untuk memproduksi mobil hybrid pertama di Indonesia pada 2022.

"Maka dari itu, kita pakai cara multi pathway, untuk local production kita mulai dari hybrid. BEV suatu hal yang sangat penting, tapi untuk mengakselerasi reduksi dari emisi maka kita perkenalkan plug in hybrid, karena 70 persen emisi reduction, hybrid sendiri 40 persen reduction," ungkap Henry.

(Kompas.com/Tribun-Timur.com)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved