Breaking News:

Opini Tribun Timur

Kampanye Pilkades di Media Penyiaran

Pemilihan Kepala desa atau biasa disebut Pilkades merupakan salah 1 (satu) bentuk pesta demokrasi rakyat di tingkat desa yang diselenggarakan

Editor: Sudirman
Ist
Tokoh muda Muhammadiyah Sulawesi Barat, Firdaus Abdullah 

Oleh : Firdaus Abdullah

Pendiri / Dewan Pembina Forum Masyarakat Peduli Media (FMPM) Sulawesi Barat

Pemilihan Kepala desa atau biasa disebut Pilkades merupakan salah 1 (satu) bentuk pesta demokrasi rakyat di tingkat desa yang diselenggarakan untuk memilih calon kepala desa yang sesuai harapan masyarakat desa setempat.

Tentunya, dalam hal ini masyarakat menjadi bagian penting dalam proses pemilihan kepala desa dimana masyarakat berpartisipasi untuk terlibat aktif, termasuk terlibat dalam semua tahapan proses pemilihan kepala desa mulai dari tahapan persiapan, penetapan pemilih, pencalonan, kampanye, hari pemungutan dan penghitungan suara, hingga penetapan calon terpilih.

Dasar hukum Pelaksanaan Pemilihan kepala desa 2021 yakni berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 112 Tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa, melalui Permendagri ini pemerintah kabupaten dapat melakukan pemilihan kepala desa didaerahnya baik secara berbarengan maupun secara bergelombang.

Kesiapan keserentakan pilkades di setiap daerah tidak hanya dilihat bagaimana pelaksanaan Pilkades tepat waktu, akan tetapi ada pada tahapan proses terselenggaranya pilkades harus dibangun lewat proses-proses yang demokratis, hal ini supaya pelaksanaan pilkades berkualitas.

Kampanye dimaknai sebagai sosialisasi atau pemberian informasi penyelenggaraan pemilihan, pendidikan bagi pemilih.

Termasuk menjadi ruang bagi kontenstan / kandidat untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan visi misi agar meyakinkan masyarakat atau pemilih.

Bahkan ruang kampanye diyakini memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan partisipasi pemilih itu sendiri, di masa nomal saja kadang partisipasi pemilih dianggap masih kurang maksimal, bagaimana dengan saat ini pemerintah tengah berupaya mengendalikan potensi penyebaran Covid-19?

Tentu, ditengah upaya pemerintah untuk mengendalikan potensi penyebaran Covid-19 kita perlu mewaspadai menurunnya tingkat partisipasi pemilih, olehnya hal ini perlu didukung oleh ruang lain dalam mengsosialisasikan pelaksanaan pilkades, seperti media penyiaran baik televisi maupun radio, baik ditingkat lokal maupun yang berjejaring.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved