Breaking News:

Hari Pahlawan

Ini Alasan di Balik Penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan

Melansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Surabaya menjadi kota terjadinya pertempuran terbesar pada masa setelah kemerdekaan.

Editor: Muh. Irham
tribunnews
Bung Tomo dan perebutan Hotel Yamato Surabaya 

TRIBUN-TIMUR.COM - Setiap tanggal 10 November, diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sebuah peristiwa heroik menjadi alasan pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai hari bersejarah tersebut.

Kejadian pertama adalah tanggal 10 November 1945, pemuda Surabaya berjuang melawan serangan pasca-kemerdekaan yang dilakukan oleh Sekutu di kota mereka.

Melansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Surabaya menjadi kota terjadinya pertempuran terbesar pada masa setelah kemerdekaan.

Dimulai dari kalahnya Jepang pada Perang Dunia II menyerah kepada Sekutu (Inggris dan Belanda), sehingga Jepang harus melepaskan Indonesia dari kekuasaan mereka.

Maka sebelum meninggalkan Indonesia, Jepang dituntut untuk menyerahkan semua senjata mereka.

Pada tanggal 3 Oktober 1945, Jepang menyerahkan senjata-senjata yang dimiliki kepada rakyat Indonesia yang nantinya bertanggung jawab untuk menyerahkan kembali kepada pihak Sekutu.

Kemudian di akhir Oktober 1945, kapal perang miliki Sekutu bernama Eliza Thompson berlabuh di Surabaya.

Pasukan yang datang tersebut dipimpin oleh Brigadir Jenderal AWS Mallaby.

Pasukan Sekutu itu bertugas melucuti senjata para serdadu Jepang, mengangkut tawanan perang, dan menjaga ketertiban di Surabaya.

Kenyataannya, Sekutu yang didominasi oleh pasukan Inggris ini tidak melakukan tugas dengan semestinya, mereka menyimpang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved