Breaking News:

Pesona Desa Gowa

Ere Bambang, Kolam Permandian Air Panas Bak Permata Tersembunyi di Desa Pencong Gowa

Dikelilingi pohon beringin yang rindang, kolam permandian air panas di Desa Pencong bak permata tersembunyi. Suhu air Ere Bambang berkisar 60 - 70°C.

Penulis: Hutami Nur Saputri | Editor: Suryana Anas
Supriadi
Dikelilingi pohon beringin yang rindang, kolam permandian air panas di Desa Pencong bak permata tersembunyi. 

Laporan Abbas Rala

Sekretaris BUMDes Desa Pencong, Kecamatan Biringbulu, Gowa.

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA – Berendam di kolam air panas bisa membantu tubuh lebih rileks dan mengurangi stres.

Kalau kamu berencana untuk memanjakan diri di akhir pekan setelah menjalani aktivitas yang padat, mengunjungi wisata permandian air panas bisa jadi solusinya.

Dikelilingi pohon beringin yang rindang, kolam permandian air panas di Desa Pencong, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan bak permata tersembunyi.

Wisata alam yang menjadi primadona warga Desa Pencong ini berada sekitar 130 km dari Kota Makassar dan sekitar 25 km dari Kota Jeneponto.

Sumber air panas yang mengalir di sela-sela bebatuan itu pertama kali ditemukan pada tahun 1960-an oleh pengunjung yang berasal dari Kabupaten Bantaeng.

Pengunjung tersebut kemudian menyebutnya dalam bahasa daerah Makassar yaitu “Ere” yang artinya air dan Bambang yang artinya panas, sehingga dinamakanlah “Ere Bambang” atau air panas.

Suhu air Ere Bambang sendiri berkisar 60 - 70°C.

Sumber utama air panas tersebut terdapat pada dua sumur kecil di sela-sela bebatuan dan masih banyak lagi sumber-sumber kecil lainnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved