Breaking News:

Kesehatan

Pemicu Rasa Gatal di Kulit yang Kering

Faktor penuaan turut memengaruhi munculnya rasa gatal di kulit. Seiring bertambahnya usia, kadar hormon akan berubah dan kulit menjadi lebih tipis

Editor: Muh. Irham
phinemo
Ilustrasi gatal-gatal 

TRIBUN-TIMUR.COM - Rasa gatal di kulit terkadang muncul di bagian tubuh tertentu. Namun pada beberapa kasus, seluruh tubuh bisa mengalami gatal-gatal.

Tak jarang, kulit yang gatal juga menimbulkan bekas seperti ruam atau kemerahan di kulit, dan bentol-bentol. Gatal-gatal di kulit umumnya dipicu oleh kondisi kulit yang kering, iritasi, alergi, atau gigitan dari makhluk kecil seperti serangga.

Faktor penuaan turut memengaruhi munculnya rasa gatal di kulit. Seiring bertambahnya usia, kadar hormon akan berubah dan kulit menjadi lebih tipis dan kering.

Hanya saja, efek penuaan bisa diatasi dengan menggunakan pelembap secara teratur untuk merawat kulit. Dalam kasus lain, gatal bisa menandakan adanya masalah medis yang harus didiagnosis oleh dokter.

"Biasanya, rasa gatal berasal dari kulit kering, namun reaksi terhadap obat-obatan dan masalah bawaan lain juga dapat menyebabkan gatal-gatal," ujar dermatologis Shilpi Khetarpal, MD.

"Rasa gatal ini adalah gejala yang sebaiknya tidak kita abaikan, terutama jika hal itu berlanjut untuk jangka waktu lama."

Faktor yang Memicu Rasa Gatal di Kulit Kering

- Mandi air panas

Air panas akan memberikan efek menenangkan bagi kulit, namun juga membuat kulit mengering lebih cepat. Solusinya, mandilah dengan air hangat. Bukan air panas.

- Salah memakai sabun

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved